Ketua Umum HMI Cabang Sambas Dukung Rencana Pemekaran Dapil Kabupaten Sambas

Editor: Admin author photo

Ketua Umum HMI Cabang Sambas, Firdaus 

Kabarsambas.com - Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sambas Firdaus mendukung penuh rencana pemekaran Dapil di Kabupaten Sambas.


"Tentang pemekaran Dapil pada dasarnya kami sepakat, dengan alasan pertama, dengan di mekarkan nya Dapil diKabupaten dari 5 menjadi 7 ini akan mempersempit wilayah kerja dalam artian akan dapat memaksimalkan anggota legeslatif dalam mengurusi wilayahnya," Katanya. Senin (12/12/2022).


Selain itu juga, Firdaus menyampaikan, dengan pemekaran Dapil tersebut akan memberi peluang bagi putra di daerah Kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas.


"Selain itu, akan memberikan peluang yang lebih besar terhadap putra-putri daerah Dikecamatan untuk dapat juga berkompetisi dalam pesta demokrasi 2024 mendatang, dan ini juga saya kira akan berpeluang meningkatkan partisipasi pemilih karna ada keterwakilan kecamatan yang harus mereka perjuangkan di daerahnya," ucapnya.


Lebih lanjut firdaus menerangkan, persoalan sekarang pemekaran Dapil tersebut dilakukan menjelang pemilu dengan waktu yang sangat singkat.


"Tapi memang persoalannya adalah pemekaran Dapil ini dilakukan menjelang pemilu yang waktunya sekiranya sangat singkat, tentu ini akan menimbulkan reaksi dan membuat ketidaknyamanan pada para pemain," terangnya.


"Kita juga tidak bisa nyalahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten dalam hal ini, karna kerja mereka sesuai dengan tahapan, namun yang harus kita pahami bahwa keputusan yang menetapkan. Rancangan yang pertama atau yang ke dua itu semua diserahkan kepada KPU RI dengan mempertimbangkan hasil uji public," pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini