Nursilawati Juarai Lomba Desain Busana Tenun Sambas 2024

Editor: Admin author photo

Ket: Nursilawati Juarai Lomba Desain Busana Tenun Sambas 2024

Kabarsambas.com - Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tahun 2024, TP PKK Kabupaten Sambas khususnya Pokja III menggelar Lomba Desain Busana Tenun Sambas. Rabu, (3/7/2024). 


Lomba Desain Busana Tenun Sambas dimenangkan oleh Nursilawati yang berasal dari TP PKK Kecamatan Subah. Nursilawati yang juga sebagai Kasi Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Kecamatan Subah, mengungkapkan rasa syukurnya atas kemenangan yang diraihnya. 


"Alhamdulillah rasa syukur yang melimpah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala serta terima kasih Saya ucapkan kepada Ibu ketua TP PKK Kabupaten Sambas beserta seluruh Anggota PKK Kabupaten, Panitia dan TP PKK Kecamatan serta Ibu Camat Subah yang telah mendukung baik moril maupun materil dari prestasi yang diraih pada kesempatan ini," Ungkapnya.


Kain Tenun Sambas telah didaulat sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) pada tahun 2010 lalu. 


Salah satu ciri khas tenun Sambas terkenal dengan proses pembuatan motif tenunnya yang sangat rumit, oleh karena itu kainnya juga dihargai dengan fantastis. 


"Dengan digelarnya acara ini rutin setiap tahun dapat meningkatkan kualitas Tenun dan kualitas anggota PKK dalam mendesain kain tenun itu sendiri sebagai khazanah warisan leluhur kita yaitu Sambas," tuturnya. 


Kain tenun Sambas yang telah hadir bahkan sejak abad ke-17 ini tidak menggunakan pewarna berbahan kimia, melainkan pewarnaan kain tersebut berasal dari lingkungan sekitar seperti akar tanaman, daun bahkam hingga batang pohon. 


"Semoga PKK Kabupaten Sambas kedepannya semangkin Maju dan Berkemajuan dalam keberkahan Allah Subhanahu wa Ta'ala," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini