Sambas Peringkat Pertama Indeks Desa Membangun di Kalbar

Editor: Admin author photo

Ket: Sambas Peringkat Pertama Indeks Desa Membangun di Kalbar

Kabarsambas.com - Kabupaten Sambas semakin menunjukkan kemajuan di berbagai bidang, setelah sebelumnya menjadi Kabupaten dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Kalbar, kali ini pemerintahan Bupati Satono kembali unjuk prestasi sebagai peringkat pertama Indeks Desa Membangun di bumi Kalimantan Barat.


Bupati Sambas, H.Satono, S.Sos.I., M.H mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan kerja nyata pembangunan, tak hanya di sektor fisik dan infrastruktur, namun juga berkomitmen kuat untuk membangun sumber daya manusia di Kabupaten Sambas.

Menempati peringkat pertama sebagai Kabupaten dengan Indeks Desa Mandiri tertinggi di Kalimantan Barat, bahkan rangking 15 dari seluruh Kabupaten di seluruh Indonesia kata Bupati Satono, adalah sebuah perjuangan yang panjang dan melibatkan banyak komponen.


“Sebuah Perjalanan Panjang IDM Kabupaten  Sambas Tahun 2016-2024. Alhamdulillah Tahun 2024 (closing) Kabupaten Sambas menempatkan 189 Desa Mandiri 6 Desa Maju. Kita menempati peringkat 1 di Kalbar dan Peringkat 15 Nasional dari 434 Kab se-Indonesia dengan Nilai Agregat 0,8760,” ungkap Bupati Satono.


Indeks Desa Membangun sendirinya merupakan instrumen untuk mengukur status Kemajuan Desa yang terdiri dari indeks komposit (Dimensi Sosial, Ekonomi,Ekologi). Semakin tinggi indeks sebuah desa maka semakin baiklah tiga dimensi tersebut.


“Banyak pihak, komponen, stakeholder yang terlibat dalam upaya mendorong IDM Kabupaten Sambas hingga saat ini, mulai dari OPD, Pendamping Desa, Kepala Desa serta Perangkatnya Dinas dan lain lain,” tutur Bupati Satono.


“Karena itu, ini merupakan prestasi bersama, ini adalah prestasi kita semua pihak yang telah membantu meningkatnya IDM Kabupaten Sambas menjadi yang tertinggi di Kalbar dan menempati peringkat 15 secara Nasional, Saya Bupati Sambas mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan stakkeholder tersebut, semoga lebih banyak prestasi bisa kita raih bersama-sama,” pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini