Diserang Hama Ulat, Petani Durian di Sajingan Besar Terancam Gagal Panen

Editor: Admin author photo

Ket: Petani durian di Dusun Sawah Sajingan Besar terancam gagal panen. Hal ini diakibatkan dampak serangan hama ulat yang sedang berbunga.


Kabarsambas.com - Petani durian di Dusun Sawah Sajingan Besar terancam gagal panen. Hal ini diakibatkan dampak serangan hama ulat yang sedang berbunga.


Salah satu petani durian di Dusun sawah Obertus mengungkapkan kondisi kebun durian sangat memprihatikan dan terancam gagal panen.


"Kebun durian di bantai ulat bulu sampe gundul daunnya dalam seminggu terakhir di dusun sawah, padahal bunganya sedang mekar,"ucapnya. Kamis. (13/6/2024).


Kata dia, dirinya merasa kebingungan sebab baru tahun ini kebun durian di serang hama secara berlebihan dalam jumlah besar 


"Prediksi gagal panen ini pasti, pohon duriannya daunnya juga sudah habis digerogoti, bingung bagaimana mau mengendalikannya menggunakan apa" katanya.


Lanjut kata dia, Dusun Sawah sendiri merupakan penghasil durian yang cukup besar di Kabupaten Sambas 


"Dusun Sawah sendiri merupakan salah satu daerah dengan penghasil durian yang cukup besar di Kabupaten Sambas, namun tahun ini para petani harus gigit jari karena terancam gagal panen," jelasnya.


Kondisi ini dirinya meminta Pemda untuk menindaklanjuti dan memberikan solusi untuk menangani hal tersebut.


"Ini sejarah paling besar yang melanda kebun durian di Sajingan, dari tahun-tahun sebelumnya pernah terjadi tetapi tidak separah ini," ungkapnya.


"Saya berharap, Pemda Sambas maupun dinas terkait untuk segera memantu dan melihat kondisi kebun durian yang mungkin gagal panen tahun ini, serta solusi untuk penanganan hama ini," pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini