Mahasiswa PGMI IAIS Sambas Lakukan Observasi ke sekolah

Editor: Admin author photo

Ket: Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester VI IAIS Sambas melaksanakan kegiatan observasi ke sekolah khususnya SD/MI di SD Negeri 16 Saing Rambi, Senin (6/5/2024).

Kabarsambas.com - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester VI IAIS Sambas melaksanakan kegiatan observasi ke sekolah khususnya SD/MI di SD Negeri 16 Saing Rambi, Senin (6/5/2024).


Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester (UTS) dengan cara melakukan observasi berupa wawancara langsung kepada salah satu guru di sekolah yang mereka kunjungi.

Satu diantara mahasissa prodi PGMI, Misa Sari semester VI mengatakan bahwa tugas tersebut dilaksanakan untuk pembelajaran lanjutan daoam mata kuliah Pembelajaran Tematik Terpadu SD/MI yang diampu oleh Dosen Bayu, M.Pd.


"Saya banyak mendapat gambaran atas pengalaman yang telah Ibu Nur Azizah, S.Pd implementasikan. Tentang bagaimana beliau menerapkan pembelajaran tematik dan bagaimana pembelajaran tersebut efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran," katanya.


Dirinya merasa sangat bersyukur dengan adanya tugas wawancara yang diberikan oleh bapak Bayu bisa mendapatkan ilmu serta pengalaman yang mungkin tidak didapatkan di bangku perkuliahan.


"Melaksanakan tugas observasi dengan melakukan wawancara secara langsung kepada guru di SDN 16 Saing Rambi ini membuat saya mendapatkan pengalaman baru dikarenakan dapat terjun langsung ke lapangan khususnya ke sekolah tersebut yang masih menggunakan tematik," ucap Sari.


Misa Sari menyebut bisa mengetahui pembelajaran tematik secara langsung dari guru yang mengajar pembelajaran tematik yaitu Ibu Nur Azizah, S.Pd. Dengan adanya tematik, siswa ternyata lebih aktif sehingga apa yang diucapkan oleh Ibu Nur Azizah, S.Pd terhadap pembelajaran tematik dapat memberikan apresiasi khususnya kepada diri pribadi tentang pengalaman tersebut.

Sementara Dosen pengampu Mata Kuliah Pembelajaran Tematik Terpadu SD/MI, Bayu, M.Pd., menjelaskan tujuan dengan diadakannya tugas Ujian Tengah Semester (UTS) seperti ini menurutnya secara tidak langsung merupakan salah satu bentuk penugasan berupa observasi turun ke sekolah dengan cara melakukan wawancara kepada guru mengenai proses belajar mengajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu.


"Kegiatan seperti ini akan membuat mahasiswa lebih mudah memahami apa yang telah mereka pelajari di dalam kelas, sehingga dengan observasi ke sekolah dan melakukan wawancara secara langsung setidaknya akan memberikan sebuah pengalaman serta membuat mereka mengetahui gambaran mengenai Pembelajaran Tematik Terpadu tersebut," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini