Yakob Pujana Apresiasi Penurunan Angka Pengangguran di Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Yakob Pujana memuji penurunan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sambas

Kabarsambas.com - Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Yakob Pujana memuji penurunan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sambas. Hal ini dikatakannya sebagai bentuk keberhasilan program pemerintah.


“Meningkatnya IPM Kabupaten Sambas berjalan linear dengan menurunnya angka pengangguran terbuka di daerah kita, ini artinya berbagai program dan upaya yang dilakukan oleh pemerintash Kabupaten Sambas berjalan maksimal,” ungkapnya.


Yakob juga mengatakan, sektor swasta juga sangat berperan untuk menekan angka pengangguran, disamping itu lanjut Politisi PKB ini sikap masyarakat secara luas juga sangat menentukan.


“Pemerintah Daerah berkewajiban untuk mendorong terbukanya lapangan kerja, peningkatan IPM Sambas menjadi barometer yang jelas, bahwa masyarakat kita sangat baik tingkat pendidikannya, hal ini mendorong terciptanya iklim investasi oleh pihak luar yang bisa menyerap tenaga kerja,” katanya.


“Selain itu usaha kecil dan menengah juga tumbuh subur, khususnya pada masa pemerintahan Bupati Satono, ini juga meneyerap tenaga kerja dan melahirkan para pengusaha lokal, mereka semakin membuka perkembangan perekonomian daerah,” ujarnya.


Pemda Sambas kata Yakob juga akan membuka rekrutmen Aparatur Sipil Negara pada tahun 2024. Akan tetapi peluang untuk menjadi masyarakat yang produktif sangat tergantung kepada tiap individu itu sendiri.


“Jika semua berharap untuk menjadi ASN maka akan sangat sulit untuk dipenuhi, karena itu masyarakat memang harus meningkatkan kompetensi mereka untuk merebut kesempatan dunia kerja, tak harus melulu menjadi ASN yang jumlahnya terbatas, tapi juga mampu menjadi enterpreneur yang bisa membuka lapangan pekerjaan tak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang lain,” pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini