Tingkat Pengangguran Kabupaten Sambas Menurun

Editor: Admin author photo

Ket: Menurut Data Badan Statistik Kabupaten Sambas Tingkat Pengangguran Terbuka (TKT) di Kabupaten Sambas menurun hingga 0,04 persen

Kabarsambas.com - Menurut Data Badan Statistik Kabupaten Sambas Tingkat Pengangguran Terbuka (TKT) di Kabupaten Sambas menurun hingga 0,04 persen. 


Kepala BPS Sambas, Mochamad Su'udi, SST., M.E., mengatakan jumlah pengangguran atau Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Sambas menurun dari tahun sebelumnya. Selasa, (23/4/2024). 


"Tingkat pengangguran terbuka tahun 2023 sebesar 5,04 persen, menurun dari tahun 2022 yang sebesar 5,08 persen (berkurang 0,04 persen)," jelasnya. 


Jika dilihat dari karakteristik penganggur, TPT merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tenaga kerja yang tidak terserap oleh pasar kerja dan menggambarkan kurang termanfaatkannya oasikan tenaga kerja. 


TPT Kabupaten Sambas hasil Sakernas Agustus 2023 sebesar 5,04 persen. Hal ini berarti dari 100 orang angkatan kerja, terdapat sekitar lima orang penganggur. 


TPT menurut jenis kelamin dari data terakhir Agustus 2023, TPT laki-laki sebesar 5,17 persen lebih tinggi dibanding TPT perempuan yang sebesar 4,84 persen. Dibandingkan dengan Agustus 2022, TPT laki-laki turun sebesar 0,97 persen poin dan TPT perempuan naik sebesar 1,14 persen poin. 


Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik, tentunya angka pengangguran diharapkan semakin menurun. 


"Melalui program unggulan yakni program siap kerja, yang didukung dengan sinergi program pembangunan lainnya, diharapkan dapat membuka lapangan kerja dan menciptakan tenaga kerja yang terampil dan memiliki kompetensi," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini