Perlu Sinergitas Dalam Upaya Penanggulangan Bencana

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H. Satono, S. Sos. I. MH mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (RAKORNAS PB) Tahun 2024. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin. Rabu (24/4/2024) di Grand Ballroom Hotel Pullman Bandung Jawa Barat. 

Kabarsambas.com - Bupati Sambas H. Satono, S. Sos. I. MH mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (RAKORNAS PB) Tahun 2024. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin. Rabu (24/4/2024) di Grand Ballroom Hotel Pullman Bandung Jawa Barat. 


Pada kesempatan ini, Wapres mengapresiasi penyelenggaraan Rakornas PB 2024 sebagai upaya untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi penanggulangan bencana di Indonesia.


“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran BNPB dan BPBD, serta semua instansi terkait, atas dedikasi waktu, tenaga, dan pikiran dalam menanggulangi, sekaligus mengurangi segala bentuk risiko bencana di tanah air,” ungkap Wapres.


Acara Rakornas PB Tahun dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta dan mengangkat tema “Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana”. Tema tersebut diambil seiring dengan tantangan masa kini. 


Fenomena alam, berbagai jenis bencana dan kompleksitas dampak yang semakin berat berpengaruh pada peningkatan kerentanan wilayah terhadap bencana. Hal tersebut dapat diperburuk dengan dampak perubahan iklim dunia.


“Saya juga ingin sampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian ke depan,” urainya.

Untuk itu, Wapres pun memberikan arahannya kepada seluruh pihak terkait di bidang penanganan bencana untuk mengembangkan industrialisasi penanggulangan kebencanaan dengan penerapan teknologi dan inovasi.


“Manfaatkan perkembangan teknologi dan kecerdasan buatan untuk memantau potensi bencana, mengembangkan sistem peringatan dini, meningkatkan kapasitas mitigasi bencana, serta meminimalisasi risiko bencana,” imbau Wapres.


Sementara itu Bupati Sambas Satono menyebutkan rakor nasional BNPB ini sangat strategis guna meningkatkan sinergitas dalam  penanggulangan bencana khususnya di Kabupaten Sambas.


“Kita akan melakukan identifikasi potensi bencana dalam rencana pembangunan dan investasi untuk melakukan pencegahan dan meminimalisir dampak yang mungkin bisa saja terjadi saat bencana dan ini memerlukan sinergitas semua pemangku kebijakan dalam upaya penanggulangan ketika terjadi bencana disamping pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kabupaten Sambas nantinya,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini