Manasik Haji 2024, Bupati Satono Doakan CJH Diberikan Kesehatan dan Keberkahan

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Sambas Tahun 1445 Hijriah atau 2024 Masehi. Senin (29/4/2024) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. 

Kabarsambas.com - Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Sambas Tahun 1445 Hijriah atau 2024 Masehi. Senin (29/4/2024) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. 


Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menyampaikan menunaikan ibadah haji adalah sesuatu yang dirindukan oleh setiap umat islam. Setelah bersabar menunggu, maka kita patut bersyukur atas izin Allah SWT diberikan kesempatan untuk dapat memenuhi undanganya menunaikan ibadah haji ditahun ini. 


"Kabupaten Sambas ditahun 2024 mendapatkan kuota nomor 2 terbanyak setelah Kota Pontianak yaitu sebanyak 323 orang dari total 2.519 orang se-Kalimantan Barat, tentu ini patut kita syukuri bersama," ujarnya. 


Satono mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas dan jajaranya atas terselenggaranya berbagai persiapan untuk Calon Jemaah Haji (CJH), diantaranya kegiatan manasik haji ini.


Kegiatan manasik haji bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada jamaah calon haji mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar. Melalui manasik para jemaah calon haji akan memperoleh bekal tentang tata cara laksana haji ditanah suci dengan baik dan berkualitas. 


"Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya juga menghimbau kepada seluruh calon jemaah haji hendaknya benar-benar menggunakan waktu dengan baik selama kegiatan manasik berlangsung dan jangan lupa menjaga kondisi fisik dan kesehatan yang prima," imbau Bupati Sambas. 


Dalam rangka mendukung kelancaran dan memberikan pelayanan yang baik bagi jemaah calon haji kabupaten sambas, maka Pemerintah Kabupaten Sambas membuat kebijakan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD). 


"Menugaskan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) yang dipilih dari jemaah calon haji yang akan berangkat di tahun 2024 dan dibiayai oleh Pemerintah Daerah untuk bertugas mendampingi jemaah calon haji Kabupaten Sambas tahun 2024. 


Untuk Tim Panitia Haji Daerah (TPHD) bernama Wasli Matsum Umar. Kemudian Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) yaitu Maya Hastuti Hamidi, Nurul Yakin Abdul Hadi, Hardin Marwan Asmaun, dan Dian Maryati Akhizar, yang masing-masing petugas TKHD adalah berstatus PNS. 


Pemerintah Kabupaten Sambas juga memberikan fasilitasi kepada jemaah calon haji Kabupaten Sambas tahun 2024 diantaranya berupa Angkutan keberangkatan dari sambas - pontianak, dan kepulangan pontianak – sambas, Komsumsi selama keberangkatan mulai dari Sambas, kemudian di Mempawah dan di Pontianak sampai kepulangan. Dan Bantuan biaya daerah sebesar satu juta rupiah perjamaah. 


Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah kabupaten sambas — yang penggunaanya dapat digunakan oleh jamaah untuk keperluan selama beribadah, misalnya buat jaga jaga klu ada kendala dengan cetering maka dana ini dapat digunakan untuk bantuan biaya makan atau lainnya. 


"Saya atas nama masyarakat dan pemerintah kabupaten sambas senantiasa berdoa bagi saudara saudara semoga lancar dalam menjalankan ibadah serta dapat kembali ketanah air dalam keadaan sehat walafiat," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini