Wujudkan Generasi Muda Sambas Cerdas

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menghadiri Pengukuhan Bunda Genre Kecamatan dan Duta Genre Desa se-Kabupaten Sambas Tahun 2024. Jumat, (1/3/2024) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas

Kabarsambas.com - Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menghadiri Pengukuhan Bunda Genre Kecamatan dan Duta Genre Desa se-Kabupaten Sambas Tahun 2024. Jumat, (1/3/2024) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. 


Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menyampaikan bahwa remaja merupakan aset bangsa yang saat ini berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2010 - 2035 jumlahnya sangat besar mencapai 66,3 juta jiwa atau sekitar 25,6 persen. Ini merupakan jumlah yang besar dan menjadi aset luar biasa bagi bangsa dan negara Indonesia jika dikelola dan dibina dengan baik.


"Kegiatan yang kita selenggarakan hari ini tentunya sejalan dengan program Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sambas karena mendukung juga misi dari Pemerintah Kabupaten Sambas melalui kegiatan-kegiatan pembinaan kepada remaja ini diharapkan remaja akan mampu merencanakan kehidupannya menjadi generasi berkualitas, cerdas, sehat sebagai pribadi maupun interaksi sosial, produktif dan kompetitif," ungkapnya. 


Remaja yang merupakan bagian dari generasi emas dimasa mendatang harus mampu memanfaatkan wadah kegiatan yang positif untuk mengembangkan diri, menggali potensi serta membentuk karakter yang unggul, dukungan dari pihak pendidikan dalam hal ini sekolah melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) juga memiliki peran yang penting.


"Pengukuhan duta genre adalah ajang untuk memberikan apresiasi kepada remaja yang bergabung dan siap aktif di PIK-R serra menjadi role model atau contoh baik bagi teman sebayanya di tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi sampai tingkat nasional yang pelaksanaannya merupakan agenda tahunan," jelas Bupati Sambas. 


Dalam rangka percepatan penurunan stunting, Presiden Republik Indonesia menunjuk BKKBN sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021.


Sebagai bentuk aktualisasi dari Perpres Nomor 72 Tahun 2021 pada Bab 3 Poin A bahwa sasaran percepatan penurunan stunting salah satunya adalah remaja maka BKKBN bersama forum genre Indonesia telah meluncurkan duta genre desa/kelurahan pertama kali pada tanggal 21 Agustus tahun 2022 dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam acara Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kereatifitas Nasional (ADUJAKNAS) Genre Indonesia. 


ADUJAKNAS bertujuan menjadi perpanjangan tangan BKKBN dan Forum Genre Indonesia untuk mengedukasi juga menyampaikan informasi seputar genre dan isu stunting di tingkat desa/kelurahan yang sampai saat ini pelaksanaannya dilakukan secara masif di seluruh desa/kelurahan se-Indonesia.


"Semoga melalui kegiatan pembinaan pengukuhan Bunda Genre Kecamatan dan Duta Genre Kecamatan dan Duta Genre Desa se-Kabupaten Sambas Tahun 2024 ini bersama-sama dapat kita wujudkan generasi muda Kabupaten Sambas yang berkualitas yang memiliki masa depan gemilang membanggakan," pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini