Bupati Satono Sampaikan LKPJ Bupati Tahun 2023

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun 2023 pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sambas di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Sambas. Senin (25/3/2024).

Kabarsambas.com - Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun 2023 pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sambas di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Sambas. Senin (25/3/2024).


Dalam laporan, Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., mengatakan momentum penyampaian LKPJ Tahun 2023 menjadi istimewa karena disampaikan bersamaan dengan ibadah Puasa Ramadhan 1445 Hijriah yang dijalankan umat muslim. 


Agenda penyampaian LKPJ merupakan komitmen yang dibangun bersama untuk bersinergi dan berkolaborasi di pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Agenda ini juga merupakan pelaksanaan fungsi kontrol dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. 


"Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah mengamanahkan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah berkewajiban menyampaikan LKPJ paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir," ujarnya. 


Tahun 2023 adalah tahun kedua dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Sambas Tahun 2021-2026 dalam upaya mewujudkan visi Sambas Berkemajuan, sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2021. 


"Sebagai sebuah refleksi diri, perjalanan pemerintah daerah selama tahun 2023 memiliki nilai penting dan strategis untuk melihat sejauhmana kinerja yang telah dicapai daerah," kata Satono. 


Aktivitas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dilakukan selaras dengan kemampuan serta upaya yang dimiliki dengan mengoptimalkan sumber daya yang didukung oleh partisipasi san kontribusi aktif dari berbagai elemen dan stakeholder. 


"Kondisi ini ditunjukkan dengan beberapa indikator makro pembangunan daerah yang mengarah pada kondisi yang menggembirakan dan beberapa pada jalur yang tepat, diantaranya laju pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, capaian infrastruktur dasar dalam kondisi mantap, capaian Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat, menurunnya indeks resiko bencana, capaian pada indeks reformasi birokrasi, capaian pada pengelolaan keuangan daerah, meningkatnya status kemandirian desa secara signifikan, dan meningkatnya indeks kualitas lingkungan hidup," terang Bupati Sambas.


Memperhatikan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas Tahun 2023, dengan tema pembangunan daerah Kabupaten Sambas adalah Peningkatan Ekonomi Inklusif dan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Mewujudkan Kabupaten Sambas yang Berkemajuan.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Sambas. Berbagai apresiasi dan keberhasilan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras kita bersama sebagai ikhtiar untuk terus memajukan Kabupaten Sambas yang kita cintai," pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini