Bupati Satono Hadiri TMMD Ke 119 Di Kecamatan Sajad

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H. Satono, S. Sos. I. MH menghadiri Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun Anggaran 2024 di Lapangan Sepak Bola Desa Mekar Jaya Kecamatan Sajad. Selasa (20/02/2024). 

Kabarsambas.com - Bupati Sambas H. Satono, S. Sos. I. MH menghadiri Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun Anggaran 2024 di Lapangan Sepak Bola Desa Mekar Jaya Kecamatan Sajad. Selasa (20/02/2024). 


Bupati Sambas Satono mengatakan dalam rangka pembukaan TMMD ke-119 di Kabupaten Sambas Tahun 2024 bertema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat.


"Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan TNI dan instansi terkait serta masyarakat dan pemerintah desa yang nantinya ikut berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan ini," ungkap Satono.


Satono menjelaskan, tentunya kegiatan ini sangat membantu dalam mengisi pembangunan dan kemajuan daerah di Kabupaten Sambas. 


Lebih lanjut Bupati Satono mengatakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ini, tentunya memberikan manfaat positif di dalam menjaga kelestarian nilai-nilai budaya, khususnya budaya gotong royong.

Dalam amanatnya Dandim 1208/Sambas, Letkol Czi Priyo Hindrarto, S.I.P., menyampaikan bahwasanya program TMMD adalah kelanjutan dari program ABRI masuk desa yang telah dimulai sejak tahun 1980 yang ke-119 dengan tema Dharma Bhakti Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah. 


"Program ini bersifat lintas sektoral artinya diselenggarakan secara terpadu karena terkait dengan pemerintah daerah komponen bangsa lain serta segenap lapisan masyarakat TMMD secara berkesinambungan telah membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi Pembangunan Daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara," tuturnya. 


Program TMMD ini diharapkan tidak hanya  untuk mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tetapi juga pada gilirannya akan memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat yang merupakan landasan utama bagi terwujudnya ketahanan masyarakat yang semakin tangguh. 


"Di samping itu agar masyarakat Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sajad ikut berpartisipasi membantu Satgas TMMD ke-119 dalam mengoptimalkan program TMMD sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan dimanfaatkan dalam kurun waktu yang lama," jelasnya. 


Dandim 1208/Sambas berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar tidak ada kendala suatu apapun dengan metode Karya Bakti untuk bergotong-royong melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik TMMD agar semua sasaran dapat tercapai dengan baik. 


"Kiranya kepada seluruh komponen masyarakat bisa memberikan peran yang terbaik untuk bersama-sama dengan TNI-Polri dan unsur pemerintahan lainnya bekerja sama, berpikir bersama untuk kemajuan Desa Mekar Jaya yang sama-sama kita cintai dan saya banggakan," tutup Letkol Czi Priyo Hindrarto. 


Upacara pembukaan TMMD ditandai dengan laporan kesiapan TMMD Ke-119 Tahun 2024 oleh Dandim 1208 / Sambas Letkol Czi Priyo Hindrarto, S.I.P, penyematan tanda peserta dan penyerahan alat kerja TMMD ke-119 TA. 2024 secara simbolis oleh Inspektur upacara, serta penandatanganan naskah berita acara penyerahan proyek TMMD Ke-119 Tahun 2024 dari Pemerintah Kabupaten Sambas oleh Bupati Sambas H. Satono, S. Sos. I. MH kepada Dandim 1208 / Sambas disaksikan Komandan Korem 121 Alambhana Wanawai (Danrem 121/ABW) Provinsi Kalbar, Brigjen TNI Luqman Arief. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini