KPU Sambas Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Editor: Admin author photo

Ket: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas laksanakan Simulasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 di Balairung Sari, Desa Lorong, Kecamatan Sambas. Minggu (28/1/2024). 

Kabarsambas.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas laksanakan Simulasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 di Balairung Sari, Desa Lorong, Kecamatan Sambas. Minggu (28/1/2024). 


Ketua KPU Kabupaten Sambas, Irawati, S.Hut., bersyukur dapat menggelar simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara digelar kedua kalinya di Kabupaten Sambas dan berterima kasih kepada petugas yang standby dari awal hingga akhir kegiatan. 


"KPU Kabupaten Sambas telah melaksanakan simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) yang pertama kalinya digelar di Kecamatan Sebawi dan hari ini digelar kedua kalinya di Kecamatan Sambas," Katanya saat diwawancarai. 


Irawati menerangkan tujuan dilaksanakannya simulasi ini untuk memberikan gambaran kepada KPPS dan PPK yang sudah dilantik bahwa tugas, kewajiban dan wewenang mereka pada hari H seperti inilah gambarannya. 


"Selain itu juga memberikan edukasi kepada pemilih menggunakan hak pilihnya pada hari H, jadi kita edukasi pada hari ini dengan sampel pemilih termasuk pemilih yang tidak bisa datang ke TPS bisa datang ke TPS sendiri, jadi menggunakan pendamping bagi lansia dan disabilitas, jadi di TPS mereka bisa menggunakan bantuan dari istri, suami, anak, dan cucunya untuk membantu mereka menggunakan hak pilihnya di TPS," Terangnya. 


150 sampel pemilih tersebut diatur langsung PPK Kecamatan Sambas dengan rincian diantaranya DPTb laki-laki 1 orang dan perempuan 1 orang, DPK laki-laki 1 orang dan perempuan 1 orang, Lansia perempuan 3 orang, Disabilitas laki-laki 2 orang, dan pendamping disabilitas laki-laki 2 orang dan 139 orang lainnya yang sudah terdaftar. 


"Pada hari ini kita juga simulasi menggunakan aplikasi SIREKAP Pemilu 2024, karena pada hari H nanti begitu selesai perhitungan langsung di rekap dan server SIREKAP ini terhubung dengan KPU RI jadi begitu selesai penghitungan diharapkan masyarakat bisa mengetahuinya di info pemilu.co.id terkait siapa pemenang di TPS nya masing-masing," Jelasnya. 


Ia menuturkan untuk selanjutnya KPU Kabupaten Sambas mulai besok 29 sampai 31 Januari 2024 mulai memantapkan PPK, PPS beserta KPPS di arahkan untuk simulasi SIREKAP, bagi di tempat TPS nya yang tidak ada sinyal diarahkan untuk ke lokasi yang ada sinyal terlebih dahulu.


"Setelahnya di tanggal 1 sampai 7 Februari 2024 nanti mereka bisa menggunakan SIREKAP di tempat real mereka masing-masing walaupun tidak ada sinyal bisa digunakan, mereka bisa offline terlebih dahulu begitu sudah selesai dan sudah ada sinyal baru terekap jadi nanti ada SIREKAP online dan SIREKAP offline begitu pada saat ada sinyal nanti langsung nyambung ke server KPU RI," Tuturnya. 


Ketua KPU Kabupaten Sambas berharap kepada PPK, PPS, dan KPPS setelah mereka dilantik dan selesai Bimbingan Teknis (Bimtek) seluruh KPPS se-Kabupaten Sambas apa yang sudah dipelajari di Bimtek bisa diterapkan pada hari H 14 Februari 2024 dan semoga pada hari H mereka tetap sehat hingga selesai perhitungan suara. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini