Bupati Satono Resmikan Gedung Baru SDN 01 dan 20 Sarang Burung Kolam

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., meresmikan Gedung Sekolah Baru SDN 01 dan SDN 20 Sarang Burung Kolam, Kecamatan Jawai. Jumat (12/1/2024)

Kabarsambas.com - Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., meresmikan Gedung Sekolah Baru SDN 01 dan SDN 20 Sarang Burung Kolam, Kecamatan Jawai. Jumat (12/1/2024). 


Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., mengucapkan rasa terima kasihnya, karena tentunya semua ini tidak terlepas dari peran panitia dan seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan hingga terselenggaranya acara peresmian tersebut. 


"Saya Bupati Sambas mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Sambas mengapresiasi dan mengucapkan ribuan terima kasih atas dukungan dan atensi Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Barat yang telah terbukti merehabilitasi dan merenovasi sarana sekolah di Kabupaten Sambas, yang mana hasilnya sudah kita saksikan di depan mata saat ini terbukti SDN 01 dan SDN 20 Sarang Burung Kolam sudah berdiri kokoh," Ucapnya. 


Sarana dan prasarana sekolah yang memadai merupakan satu diantara delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang wajib dipenuhi oleh pemerintah dalam memenuhi pengelolaan pendidikan yang baik. 


"Pemenuhan hal dimaksud tidak terlepas dari ketersediaan dan kemampuan sumber keuangan daerah yang cukup. Pemerintah Kabupaten Sambas terus berupaya menggali sumber-sumber pendapatan daerah tidak hanya dari dana APBN, APBD, CSR dan lainnya," Kata Satono. 


Indonesia memiliki total sekolah sebanyak 399.376 sekolah, yang terdiri dari 148.975 SD, 41.986 SMP, 14.236 SMA, 14.265 SMK, 2.200 SLB dan Madrasah sebanyak 86.608. Diantara seluruh sekolah yang ada, hampir 25 persennya mengalami kerusakan. 


"Isu ini menjadi penting dikarenakan kondisi kerusakan tersebut sudah terjadi, yang mengakibatkan gangguan kegiatan belajar mengajar. Selama ini pembiayaan dan pengelolaan pembangunan dan renovasi sekolah hanya dilakukan secara swakelola oleh sekolah masing-masing dengan berbagai skema dan pembiayaan, yang salah satunya adalah dari APBN," Jelasnya. 


Rehabilitasi dan renovasi SDN 01 dan 20 Sarang Burung Kolam hari ini bersumber dari dana APBN melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Barat. Karena dukungan yang diberikan tidak hanya hari ini dan tidak hanya di sektor pendidikan dan juga di sektor lainnya. 


Ia juga berpesan kepada seluruh komponen untuk menjaga dan merawat bangunan Sekolah Dasar (SD) sebagus ini agar suasana belajar anak-anak menjadi aman dan nyaman. 


"Mudah-mudahan dengan di rehabilitasi dan di renovasinya gedung sekolah-sekolah ini meningkat semangat mereka menjadi anak-anak bangsa yang cerdas," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini