KPUD Sambas Gelar Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Pemilih

Editor: Admin author photo

Ket: Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dan mewujudkan pemilu damai. KPU Kabupaten Sambas mengadakan Sosialisasi pemilu 2024 kepada pengurus APDESI dan PAPDESI Kabupaten Samba. Selasa (5/12/2023) di Pantura Jaya

Kabarsambas.com - Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dan mewujudkan pemilu damai. KPU Kabupaten Sambas mengadakan Sosialisasi pemilu 2024 kepada pengurus APDESI dan PAPDESI Kabupaten Samba. Selasa (5/12/2023) di Pantura Jaya


Plh KPU kabupaten Sambas Juliansyah mengatakan peran kepala desa sangat penting dalam suksesi pemilu ini. 


“Sebagai kepala pemerintah di Desa Kades dapat mengkonsolidasikan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga pemilu yang damai dan mengajak masyarakat berpartisipasi untuk menggunakan hak pilihnya,” Katanya.


Sementara Komisioner KPUD Sambas periode 2018-2023 Martono yang didaulat sebagai narasumber menyampaikan bahwa peran pemerintah desa sangat penting untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan menggunakan hak pilihnya. 


Dirinya menambahkan bahwa peran Kepala desa dalam menciptakan pemilu yang aman dan damai. 


“Pendidikan Politik bukan hanya pada saat menjelang pemilu saja tetapi sepanjang masa. KPU telah memulai program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan semoga dengan program ini antara KPU dan pemerintah desa dapat berkolaborasi dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tergiur dengan politik uang,” Ungkapnya.


Dalam diskusi pada kegiatan tersebut Elpani Kepala Desa menyampaikan bahwa peran Kades perlu ditingkatkan melalui regulasi sehingga dapat berperan aktif dan KPU harus melakukan inovasi agar kehadiran masyarakat ke TPS meningkat semisal dengan adanya reward bagi pemilih yang hadir ke TPS. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini