Bawaslu Sambas Mantapkan Pasukan Pengawasan Pemilu 2024

Editor: Admin author photo

Ket: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sambas menggelar Persiapan Mantap Pasukan dalam Pengawasan Pemilu 2024. 

Kabarsambas.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sambas menggelar Persiapan Mantap Pasukan dalam Pengawasan Pemilu 2024. 


Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas komisioner Bawaslu dan anggota Panwaslu Se-Kabupaten Sambas. Rabu (20/12/2023) di Aula Resto Selera Kartisa.



Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas Yesi Mayasanti menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan agenda dalam pemantapan pasukan dalam pengawasan pemilu 2024.



"Pada kesempatan kali ini kita Bawaslu Kabupaten Sambas menggelar persiapan mantap pasukan dalam pengawasan pemilu 2024, dengan tujuan agar masukan khususnya panwaslu kecamatan paham dengan aturan yang mereka gunakan dalam pengawasan dan sosialisasi kepada masyarakat," ucapnya.



Kata dia, pada penekanan nanti untuk pengawasan pilpres nantinya juga pengawasan kampanye calon legislatif.



“Kita melakukan pengawasan di tahapan kampanye yang tinggal 52 hari lagi agar tetap berpedoman kepada UU No 7 tahun 2017, peraturan perundang-undangan baik peraturan KPU maupun Bawaslu serta UU lainnya tentang kepemiluan, serta melakukan koordinasi secara persuasi kepada jajaran KPU, dinas terkait dan tentunya peserta pemilu yangg sedang berkontestasi,” Ujarnya.

Bawaslu kabupaten menghimbau kepada pengawas agar melakukan koordinasi secara berjenjang saat melakukan pengawasan baik pengawasan kampanye, penertiban APK, Pengawasan pelipatan dan pensortiran surat suara , pengawasan perekrutan KPPS, dan pengawasan DPTB yang saling beririsan waktunya.


"Tentunya melibatkan juga pihak seperti, pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri juga peserta pemilu yang harus mentaati aturan pada saat kampanye harus memiliki STTP. Kemudian berkoordinasi dengan pengawas diwilayahnya masing-masing, agar ketika pelaksanaan tidak melanggar aturan yang berlaku dan tidak ada laporan yang kita terima nantinya," sambungnya.



Lanjut Yesi Mayasanti menyampaikan, dirinya menghimbau untuk sama-sama melaksanakan dan mensukseskan pemilu damai dan lancar.



"Bagi masyarakat Kabupaten Sambas menjadi pemilih yang cerdas dan mereka harus tau visi-misi dari calon yang akan di pilih dan gunakan hak pilih sebaik-baiknya serta tidak golput pada 14 Februari 2024 nanti," ungkapnya.



"Pada intinya nanti, pemilih cerdas tau kualitas-kualitas dari calon yang akan di pilih, setiap peserta pemilu juga harus di ketahui  dan diikuti perkembangannya sampai pada masa pencoblosan," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini