KPU Sambas Gelar Rakor Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemilu 2024

Editor: Admin author photo

Ket: Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas menggelar rapat koordinasi dengan tema Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya. Rabu (8/11/2023).

Kabarsambas.com -  Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas menggelar rapat koordinasi dengan tema Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya. Rabu (8/11/2023).


Kegiatan tersebut menghadirkan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta anggotanya yang membidangi Partisipasi Masyarakat se-Kabupaten Sambas.


Komisioner KPU Kabupaten Sambas, Aan Sumantri mengatakan bahwa masyarakat memiliki peran penting pada pemilu 2024 maka dari itu KPU akan berusaha semaksimal mungkin untuk menggaet masyarakat untuk ikut berpartisipasi.


"Partisipasi masyarakat dalam pemilu merupakan salah satu indikator kesuksesan dengan partisipasi yang tinggi legitimasi bagi peserta yang menang serta kepercayaan masyarakat terhadap penerapan sistem demokrasi juga besar," katanya.


Dia menjelaskan bahwa menggaet masyarakat sudah menjadi PR KPU sejak Pemilu sebelumnya, karena jumlah suara di Kabupaten Sambas belum mencapai target Nasional.


"Diketahui bahwa angka partisipasi pemilih di Kabupaten Sambas pada tahun 2019 masih dibawah rata-rata nasional," jelas Aan.


Komisioner KPU Sambas berharap langkah membahas permasalahan pemikih tidak menggunakan hak pilihnya dan menyusun rencana kerja untuk meningkatkan partisipasi pemilih untuk mengurangi angka golput dapat memberikan dampak besar pada pemilu 2024.


"Mudah-mudahan dengan rakor ini dapat mengurangi angka golput dengan data dukungan berupa kluster pemilih yang sebelumnya telah dilakukan tingkat PPS," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini