Pemkab Sambas Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Editor: Admin author photo

Ket: Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 dengan tema Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju, Minggu (1/10/2023) di Halaman Makodim 1208/Sambas. 

Kabarsambas.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 dengan tema Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju, Minggu (1/10/2023) di Halaman Makodim 1208/Sambas. 


Upacara Hari Kesaktian Pancasila diikuti oleh Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., Kodim 1208/Sambas Letkol Czi Priyo Hindrarto, S.I.P., Kapolres Sambas AKBP. Sugiyatmo, S.I.K., Danyonif 645/Gty Letkol Inf Pamungkas Army Saputro, S.Sos., Kepala Kejaksaan Negeri Sambas Agita Tri Moertjahjanto, S.H., M.H., Anggota DPRD Kabupaten Sambas Anwari, S.Sos., Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas, serta tamu undangan. 


Upacara Hari Kesaktian Pancasila dipimpin oleh Komandan Kodim 1208/Sambas, Letkol Czi Priyo Hindrarto, S.I.P., selaku Inspektur Upacara mengatakan setiap tahunnya pada tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang para pahlawan 


"Hari Kesaktian Pancasila ini setiap tahunnya diperingati pada tanggal 1 Oktober dan ini adalah bukti bahwa kita mengenang sejarah bahwa setelah kemerdekaan kita itu masih banyak tantangan-tantangan yang harus kita lewati," kata Letkol Czi Priyo Hindrarto, S.I.P., 


Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur karena kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI.


Tema Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju memiliki makna yang terkandung yakni Pancasila sebagai dasar negara san pemersatu bangsa serta menjadi landasan bagi pembangun nasional untuk mewujudkan Indonesia maju. 


"Kita harus bijak menghadapi kebijakan-kebijakan yang harus kita lewati, begitu juga kedepannya kita harus cerdas dan bijak dalam menyikapi perjuangan," Ujarnya. 


Dalam menghadapi tantangan tersebut, tentu diperlukan sinergi dan kolaborasi semua instansi. 


"Untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut kita harus berkolaborasi dan bersinergi semua instansi dan hilangkan ego sektoral masing-masing. Dengan itu saya yakin akan membantu terbentuknya pembangunan yang yang maju dan berkelanjutan," katanya.


Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon mangga oleh Forkopimda Kabupaten Sambas. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini