Erwin Johana Dorong Maksimalkan Potensi Sungai Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Erwin Johana

Kabarsambas.com - Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Erwin Johana mengungkapkan potensi sungai Sambas sangat menjanjikan sebagai objek wisata, olahraga dan rekreasi.


"Sungai Sambas kecil memiliki potensi yang komplit, sebagai sumber penghasilan masyarakat nelayan sungai ada udang galah yang harganya lebih dari 150 ribu per kilo," katanya.


Dirinya juga menyampaikan dimaksimalkan dengan beragam upaya pelestarian dan tabur benih udang agar biota air tawar tersebut semakin berkembang.


"Masyarakat bisa menyewakan perahu dan ini bisa menjadi sarana rekreasi serta wisata memancing," ucapnya.


lokasi sungai Sambas kecil yang berada tepat di jantung kota Sambas tutur Erwin, memudahkan masyarakat untuk menjangkau dan mendatanginya.


"Sungai Sambas tepatnya di tengah kota membelah pemukiman dan cukup bersih, indah serta arusnya tenang, ada trek yang lurus lebih dari 1 km ini sangat berpotensi dijadikan sirkuit olahraga air, bukan hanya tingkat provinsi bahkan Nasional, tinggal bagaimana ditata dengan baik," katanya.


Di sungai Sambas ini dalam setahun bahkan bisa lebih dari empat kali diadakan lomba sampan bidar dan beberapa kali lomba perahu Naga.


"Kondisi seperti ini sangat sulit ditemukan ditempat lain, arus sungai yang tenang dan sungai tidak terlalu besar namun lurus, kita berharap akan ada program jangka panjang untuk menjadikan sungai Sambas sebagai trek olahraga air berstandar Nasional, ini tentu akan menjadi kebanggan bersama dan menghasilkan pemasukan bagi daerah," jelasnya.


Ketenangan sungai Sambas juga menjadi daya tarik wisata rekreasi sungai, setiap sore banyak warga yang menghabiskan waktu di tepian sungai sambil menikmati minuman dan camilan, ada juga yang menyewa perahu untuk menjelajahi sungai tersebut.


"Mendorong terbentuknya kelompok sadar wisata masyarakat lokal saya kira perlu untuk dilakukan, mereka bisa mengembangkan usaha penyewaan perahu rekreasi, menjual aneka makanan dan minuman, serta menjaga kelestarian sungai dari tindak pencemaran," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini