Gali Pontensi Masyarakat, HMPS Gelar PKM di Desa Selamat

Editor: Admin author photo

Ket: Himpunan Mahasiswa Pembangunan Sosial (HMPS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Untan melaksanakan Pekan Kegiatan Mahasiswa (PKM).

Kabarsambas.com - Himpunan Mahasiswa Pembangunan Sosial (HMPS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Untan melaksanakan Pekan Kegiatan Mahasiswa (PKM).


Kegiatan berlangsung selama 4 hari dimulai tanggal tanggal 15 – 18 Agustus 2023 ini dilaksanakan di Dusun Karya Bhakti, Desa Sungai Selamat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu. 


Kaprodi Pembangunan Sosial Fisip Untan, Nur Wijayanto mengatakan kegiatan PKM ini diberikan tema Bergerak untuk mengabdi dan mengembangkan potensi Masyarakat yang inovatif dan edukatif bersama pekan kegiatan mahasiswa. 


"Kegiatan tersebut disambut baik oleh warga Desa Sungai Selamat, khususnya warga Dusun Karya Bhakti dan didukung dengan segala kesediaan untuk dapat menyukseskan secara bersama–sama," katanya.


Sementara untuk rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berupa Pengabdian, Sosialisasi, Bakti Sosial, Gotong Royong, hingga Hiburan Bersama Warga. Dimana PKM kali ini diikuti oleh sekitar 60-an Mahasiswa dan Mahasiswi Pembangunan Sosial dari Angkatan 2020, 2021, hingga 2022 yang sekaligus merupakan panitia pada kegiatan PKM kali ini. 


"Untuk bentuk dari kegiatan Pengabdian ialah dengan melakukan sharing dan ngobrol terhadap warga tentang permasalahan serta potensi yang ada di Dusun Karya Bhakti. Kemudian untuk kegiatan Sosialisasi dilakukan di SMA N 3 Kubu, dengan memberikan Sosialisasi terkait pentingnya pendidikan," tuturnya.


Kegiatan Bakti Sosial dan Gotong Royong realisasikan berupa membangun Gapura masuk Dusun, melakukan pengecatan Paud, membuat plang penunjuk lokasi, dan membuat plang nomor rumah, serta secara bersama – sama membersihkan lingkungan Dusun. 


"Namun supaya kegiatan dapat membuat kesan yang menyenangkan dan membawa kebahagiaan, maka di adakan kegiatan hiburan yang berupa adanya perlombaan memperingati hari kemerdekaan. Seperti Tarik tambang antara warga dan antar warga, lomba joget balon untuk Ibu -Ibu, Lomba balap karung anak - anak, lomba estafet air dan beberapa perlombaan lainnya," ungkapnya.



"Kemudian ada juga pertandingan Voli setiap sore yang rutin diikuti mahasiswa, bermain sambil belajar bersama anak – anak sekitar, ngopi dan bertukar cerita pada malam hari, dan yang terakhir turut membantu membuat panggung hiburan untuk penampilan dan persembahan terhadap hari 17 Agustus atau yang biasa disebut dengan pesta rakyat," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini