Anggota DPRD Sambas Hafsak Himbau Warga Waspada Wabah DBD

Editor: Admin author photo

Ket: Anggota DPRD Kabupaten Sambas Ahmad Hafsak Setiawan 

Kabarsambas.com - Anggota DPRD Kabupaten Sambas Ahmad Hafsak Setiawan mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit demam Berdarah Dengue (DBD).


"Kita mulai memasuki musim penghujan, dimana hujan cukup sering terjadi daerah di Kabupaten Sambas, ini juga berlangsung hampir setiap hari," Katanya. Rabu (23/8/2023)


Kondisi tersebut kata dia bisa mengakibatkan munculnya penyakit demam berdarah dengue (DBD).


"Beragam penyakit bisa muncul akibat perubahan cuaca yang ekstrim seperti ini, misalnya demam berdarah nah ini mesti menjadi kewaspadaan bersama," Ujarnya.

Apalagi kata hafsak berdasarkan keterangan dinas kesehatan terdapat 20 kasus apada tahun ini dan ditemukan 1 meninggal pada tanggal 23 Agustus 2023 di RSUD Sambas.


“ Tentu ini menjadi atensi kita untuk meningkatkan kewaspadaan untuk meningkatkan kewaspadaan,” katanya. 


Legislator PPP ini berharap agar Instansi terkait untuk melakulan tindakan pencegaan agar kasus DBD tidak meluas di kabupaten sambas. 


"Instansi terkait seperti dinas kesehatan kita harap untuk menyiapkan langkah preventif, misalnya menebar abate, lalu instansi lainnya juga melakukan pembersihan selokan dan normalisasi saluran air, karena tak hanya penyakit, banjir juga mengancam dalam kondisi intensitas hujan yang cukup tinggi ini," Katanya.


Selain itu, masyarakat kata Hafsak juga mesti melakukan langkah pencegahan agar tidak terkena penyakit DBD.


"Warga juga kita ajak untuk bersih-bersih lingkungan dan menyingkirkan sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk, ini bisa dilakukan dengan membakar atau menguburnya," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini