DPRD Sambas Dukung Optimalisasi Peran BPD dan Aparatur Desa

Editor: Admin author photo

Ket: DPRD Sambas Dukung Optimalisasi Peran BPD dan Aparatur Desa

Kabarsambas.com - Upaya meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas, maka perlu dilaksanakan peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa. Ketua DPRD Kabupaten Sambas H Abu Bakar SPd I mengatakan Peningkatan kapasitas aparatur desa berdampak baik bagi kualitas pelayanan publik ditingkat desa. 


"Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa telah berhasil meningkatkan kapasitas para aparatur pemerintahan desa, baik itu yang ada di BPD maupun Aparatur Desa itu sendiri," ujar Ketua DPRD Kabupaten Sambas. 


Diharapkan Ketua DPRD, melalui Bimtek yang digelar Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia Seluruh Indonesia Kabupaten Sambas bekerjasama dengan Lembaga Kajian Nasional Otonomi Daerah dan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT Republik Indonesia, di Harris Hotel Pontianak, Sabtu (3/5/2023) memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi peserta bimtek. 


"Melalui pelatihan intensif dan pengembangan kompetensi pada bimbingan teknis seperti ini, kita mengharapkan, lahir aparatur desa yang berkualitas dalam memberikan pelayanan ditengah-tengah masyarakat dan memajukan desa sebagai ujung tombak pembangunan daerah," jelas H Abu Bakar. 


Sementara Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan SE ME, menyebutkan dalam beberapa tahun terakhir Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas memberikan perhatian serius pada peningkatan kompetensi maupun kapasitas aparatur pemerintahan desa. Dia mengemukakan apresiasinya atas perhatian serius pemerintah daerah pada sektor dimaksud. 


"Perhatian pada sektor peningkatan kapasitas maupun kompetensi aparatur pemerintahan desa merupakan langkah strategis dalam memajukan pelayanan publik dan mengatasi beragam tantangan yang akan dihadapi dalam era kedepannya," sebut Ferdinan. 


Hal itu lanjut dia, seiring dengan cepatnya perubahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, baik itu dinamika sosial, ekonomi dan teknologi. Aparatur pemerintahan desa tegas Ferdinan, perlu terus mengikuti perkembangan tersebut agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi harapan masyarakat. 


"Oleh karena itu, kita harapkan dengan adanya bimtek aparatur pemerintahan desa dapat menjawab tantangan itu, kita harapkan peserta bimtek, yakni aparatur pemerintahan desa memanfaatkan dengan baik sehingga semakin baik keterampilan teknis yang dikuasai," pesan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas. 


Ketua Asosiasi BPD Seluruh Indonesia Kabupaten Sambas, Supriani ST menyebutkan, bimbingan teknis tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa tentang optimalisasi peran BPD dan Aparatur Pemerintah Desa menuju Sambas Berkemajuan. 


"Kita bersyukur, bimbingan teknis ini mendapat perhatian serius dari seluruh aparatur pemerintahan desa, baik itu dari komponen BPD maupun aparatur pemdes. Bimtek ini sangat strategis dalam upaya menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta bimtek dalam mendukung tugas dan fungsi masing-masing guna menjalankan roda pemerintahan desa," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini