Desa Ujung Tombak Perangi Stunting

Editor: Admin author photo

Ket: Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas Anwar saat menghadiri Rembug Stunting di Desa Saing Rambi, Kamis (22/6/2023)

Kabarsambas.com - Ketua Komisi IV Anwari Ssos MAP, mengatakan, desa merupakan ujung tombak dalam segala lini dalam rangka mendukung pemerintahan terutama dalam memerangi Stunting atau gagal tumbuh pada anak-anak. 


“Stunting merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya,” ungkapnya.


Anwari mengapresiasi kepada desa-desa yang telah memberikan kepedulian pada permasalahan stunting. Hal itu dia kemukakan saat menghadiri undangan Rembug Stunting di Desa Saing Rambi, Kamis (22/6/2023). Hadir dalam acara tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas, Kepala Puskesmas Terigas Sambas, Kades Saing Rambi beserta jajarannya, Nutrisionis, Promoter Kesehatan, Pendamping desa, Pendamping lokal Desa, Kader Posyandu, TPK, KPM dan tokoh masyarakat. Kata dia, stunting harus mendapat perhatian semua pemangku kepentingan di daerah. 


“Stunting harus mendapat perhatian semua komponen masyarakat, baik dari pemangku kepentingan atau stake holder daerah maupun pusat hingga masyarakat itu sendiri. Hal ini agar permasalahan stunting dapat teratasi dengan baik, agar Generasi Emas Indonesia benar-benar siap dan kuat kedepannya,” imbuh Anwari. 


Legislator Fraksi Partai Gerindra mengatakan dengan rembuk stunting, dapat dimusyawarahkan langkah-langkah terbaik dalam penanganan stunting di Desa. Harapan dia, desa sudah memiliki pemetaan khusus dan solusi permasalahan dalam menyikapi penanganan stunting. 


“Terima kasih kepada semua pihak yang telah serius memberikan perhatian pada permasalahan stunting, baik desa, dinas atau OPD, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dan masyarakat kita,” ungkap Anwari. 


Hasil dari Rembug Stunting di Desa Saing Rambi, jelas Ketua Komisi IV menginisiasi pembentukan Bapak asuh anak Stunting diwilayah kerja Puskesmas Terigas. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini