Sebanyak 1143 Peserta Ikuti Tes UTBK di Kampus Poltesa

Editor: Admin author photo

Ket: Sebanyak 1143 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023 di Kampus Politeknik Negeri Sambas (Poltesa). Senin (8/5/2023).

Kabarsambas.com - Sebanyak 1143 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023 di Kampus Politeknik Negeri Sambas (Poltesa). Senin (8/5/2023).


UTBK SNBT akan dilaksanakan selama empat hari yaitu mulai 8 Mei hingga 11 Mei 2023 di Lab Terpadu Poltesa. Poltesa menyiapkan 180 unit komputer dan tujuh ruang kelas untuk pelaksanaan UTBK.


Dalam satu hari terdapat dua sesi UTBK. Setiap sesi terdapat 30 orang peserta dalam 1 kelas. Peserta wajib mengikuti semua peraturan yang telah ditetapkan.


Wakil Direktur Bidang Akademik Poltesa, Budi Setiawan menjelaskan, bahwa mekanisme pelaksanaan UTBK SNBT merujuk pada Materi Pengarahan Pengawas UTBK 2023 dari Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).


"Untuk pelaksanaan UTBK SNBT di Kampus Poltesa, kami menerapkan Materi Pengarahan Pengawas UTBK SNBT 2023 dari Pantai Pusat SNPMB, kami pastikan bahwa seluruh peserta mematuhi peraturan yang telah ditetapkan," jelasnya.


Dia mengungkapkan terdapat peningkatan jumlah peserta UTBK di Poltesa tahun 2023.


"Kami bersyukur bahwa tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta UTBK di Poltesa, yang sebelumnya pada tahun 2022 berjumlah 1060 dan pada tahun 2023 ini berjumlah 1143 orang," ungkapnya.


Lanjut Budi menyampaikan, bahwa peserta UTBK SNBT 2023 ini bukan hanya peserta yang ingin kuliah di Poltesa namun juga peserta yang ingin kuliah di perguruan tinggi lain.


"Inilah salah satu keuntungan dalam pelaksanaan UTBK SNBT di kampus Poltesa, jadi peserta domisili sekitar Sambas yang memilih perguruan tinggi lain juga dapat melaksanakan UTBK di Poltesa, tidak perlu jauh-jauh pergi UTBK ke kampus lain yang dituju, sehingga dapat meminimalisir pengeluaran peserta UTBK," ujarnya.


Budi berharap dengan ditetapkannya Poltesa sebagai sub pelaksana tempat pelaksanaan UTBK, dapat menambah minat kuliah bagi siswa-siswa Sambas.


"Kami berharap dengan ditetapkannya Poltesa sebagai sub pelaksana tempat pelaksanaan UTBK di Kabupaten Sambas ini, dapat menambah minat anak untuk melanjutkan kuliah," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini