Manasik Haji, Bupati Satono Himbau CJH Tingkatkan Kesabaran

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono membuka bimbingan manasik Haji Kabupaten Sambas tahun 1444 H / 2023 M. Senin (22/5/2023) di Aula Bupati Sambas.

Kabarsambas.com - Bupati Sambas H Satono membuka bimbingan manasik Haji Kabupaten Sambas tahun 1444 H / 2023 M. Senin (22/5/2023) di Aula Bupati Sambas.


Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sambas H Satono, Kepala Kemenag Sambas, Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Sambas, Kepala Satpol PP Kabupaten Sambas, Sekdis Dishub, Sambas Asisten 1 dan 305 calon jemaah haji 


Bupati Sambas Satono mengungkapkan dirinya merasa senang dan bangga berkesempatan bersilaturahmi dengan calon jemaah haji asal Sambas.


"Saya bahagia dan bangga bisa berkumpul hari ini dengan CJH yang akan berangkat ke Tanah Suci. Saya juga berterima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag yang akan berkolaborasi dengan Pemkab Sambas melaksanakan manasik Haji selama dua hari," katanya.


Bupati Sambas H Satono menyampaikan bimbingan manasik Haji untuk menambah khazanah keilmuan untuk menambah ilmu-ilmu bagaimana mencapai haji yang mabrur, karena biaya Haji yang cukup mahal harus tunaikan dengan ibadah yang sungguh-sunggul oleh setiap jemaah.


"Biaya Haji kita ketahui cukup mahal, maka sayang rasanya kalau kita tidak bersungguh-sungguh untuk meraih haji yang mabrur," ucapnya.


Lanjut dia mengucapkan terimakasih kepada Kemenag Sambas telah melaksanakan manasik haji untuk 305 calon jemaah haji.


"Saya mengucapkan terimakasih kepada kepala kantor telah melaksanakan manasik haji, selama pelaksanaan manasik haji ini bapak ibuk lebih memahami pembelajaran ilmu agar memahami yang akan dilaksanakan nanti," ujarnya.


"Selamat dan sukses kepada bapak ibuk, doa dan harapan saya ketika semua 305 berangkat maka pulangnya juga harus dengan jumlah yang sama," sambungnya.


Lebih jauh kata Dia, Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas akan memfasilitasi keberangkatan para jemaah haji menuju kota Pontianak dengan menyediakan tempat tidur mereka.


"Pemerintah Sambas juga akan memfasilitasi keberangkatan para jemaah haji nantinya dari Kabupaten Sambas dari berangkat hingga menuju kota Pontianak menggunakan kendaraan yang disediakan oleh pemerintah daerah kabupaten Sambas. Penginapan yang akan digunakan juga kita fasilitasi untuk jemaah haji," ujarnya.


Satono berpesan, dalam pelaksanaan haji nantinya para jemaah haji harus meningkatkan kesabaran yang ekstra dan jangan takabur.


"Saya berpesan, ketika berada di kota Mekah dan melaksanakan kegiatan maka yang perlu harus di tingkatkan adalah sabar, Jangan takabur, sombong selama kegiatan haji, apalagi cuaca yang sangat berbeda dengan cuaca kita di Kabupaten Sambas," harapnya.


"Fokuskan diri untuk banyak-banyak bersyukur, dan juga menjaga kesehatan, karena 85 persen selama pelaksanaan haji banyak menggunakan fisik kita semua," tutupnya.


Sementara itu, Ketua pelaksana menyampaikan H Mahmud, kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Sambas menyampaikan sebanyak 305 jemaah haji asal Sambas.


"Calon Jemaah Haji yang akan berangkat sebanyak berjumlah 305 orang, dengan jumlah laki-laki 148 dan perempuan sebanyak 157 orang. Untuk usia tertua Kartina mencapai 85 tahun sedangkan muda 21 tahun," jelasnya.


Keberangkatan calon jemaah haji tersebut akan diberangkatkan pada 16 Juni 2023 pada gelombang kedua.


“Kabupaten Sambas akan berangkat pada gelombang ke 2 pada 16 Juni 2023 di kloter ke 27, anti akan satu kloter Kabupaten Landak dan Kota Pontianak bersama para petugas kesehatan dan lainnya." Pungkasnya. (Sai) 

Share:
Komentar

Berita Terkini