Fraksi Nasdem Harap OPD Meski Punya Produk Inovasi

Editor: Admin author photo

Ket: Fraksi Nasdem Harap OPD Meski Punya Produk Inovasi

Kabarsambas.com - Dalam rapat paripurna yang membahas tentang Raperda Inovasi Daerah, Fraksi Nasdem secara tegas menginginkan Organisasi Perangkat Daerah mesti memiliki produk inovasi, memberikan kontribusi dalam pelayanan publik yang efisien dan efektif serta berkelanjutan.


“Yang patut menjadi pertanyaan mengapa selama ini, setiap inovasi yang ada pengusulnya murni dari Bupati,” tegas Ketua Fraksi Nasdem Lerry Kurniawan Figo.


Figo menyebutkan inovasi yang berhasil dicetuskan dan diwujudkan oleh Bupati Satono diantaranya, kolaborasi dengan masyarkat membangun jembatan berkemajuan non APBD yang telah mendapatkan meraih penghargaan  IGA (Innovative Goverment  Award) dan sebagai daerah perbatasan terinovatif.


“Begitu pula inovasi di bidang kesehatan program Prosesar, (pengobatan gratis non Bpjs) inovasi ini kami nilai sangat  bermanfaat  dalam membantu masyarkat miskin dalam meningkatkan kesehatan mereka,” ungkap Figo.


Solo Run yang dilakukan oleh Bupati Sambas kata Figo, mestilah didukung oleh OPD dengan berupaya menumbuhkan inovasi guna kepentingan peningkatan pelayanan publik, pembangunan dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat. 


“Sedangkan indeks Inovasi dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah sangat rendah. Oleh karena itu dalam Raperda ini, kami pansus bersepakat mewajibkan setiap OPD wajib untuk menciptakan minimal satu produk inovasi setiap tahunnya,” tegasnya.


“Secata Yuridis Raperda ini merupakan amanat dari  PP no 38 tahun 2017 bahwa dalam peningkatan kinerja pemerintahan daerah maka setiap daerah harus berinovasi dan berkreasi dalam penyelenggaraan pemerintahan,” tekan Figo.


Akan tetapi lanjut Figo, dalam upaya mewujudkan produk inovasi mereka, OPD jangan hanya semata mata untuk mengikuti lomba dan penghargaan dari ajang Innovative Goverment Award atau lainnya.


“Kami juga sudah mencantumkan di Raperda ini agar Bupati memberikan sanksi kepada Kepala OPD yang tidak berhasil mendorong terwujudnya produk inovasi dan memberikan reward bagi yang sudah berhasil menciptakan produk inovasi yang bermanfat bagi masyarkat bukan hanya untuk mengikuti ajang lomda dan lainnya,” terang Figo.


Diingatkan oleh politisi Partai Nasdem ini, penyelenggaraan pemerintahan kalau hanya sekedar menjalankan rutinitas saja, tanpa pembaharuan dan terobosan maka ibarat pepatah layu sebelum berkembang.


“Sudah seharusnya kita selaku penyelenggara pemerintahan memberikan inspirasi dan memotivasi semua pihak untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Fraksi Nasdem berpandangan bahwa Raperda inovasi daerah merupakan suatu  keniscayaan  pemerintahan untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat, dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, mudah dan terjangkau, meningkatkan peran serta masyarkat serta daya saing daerah,” pungkasnya. (Sai)



Share:
Komentar

Berita Terkini