Dinkes Sambas Periksa Kesehatan Calon Jemaah Haji

Editor: Admin author photo

Ket: Dinas Kesehatan Kabupaten sambas bersama dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sambas menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan tahap kedua kepada calon jamaah haji tahun 1444 H/ 2023.

Kabarsambas.com - Dinas Kesehatan Kabupaten sambas bersama dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sambas menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan tahap kedua kepada calon jamaah haji tahun 1444 H/ 2023.


Pada kegiatan yang dilaksanakan di aula PLHUT Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sambas pada Jumat 12 dan 13 Mei 2023 tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Sambas dr Ganjar Eko Prabowo MM menyampaikan, pemeriksaan kesehatan tersebut bertujuan untuk memastikan kesehatan jemaah haji yang akan berangkat.


"Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pemeriksaan kesehatan tahap pertama yang sudah dilaksanakan oleh 28 Puskesmas di Kabupaten Sambas pada bulan Maret yang lalu. Adapun tujuan pemeriksaan kesehatan adalah untuk memastikan kesiapan keberangkatan calon jamaah haji secara fisik dan mental serta menjaga dan meningkatkan status kesehatan calon jamaah haji dalam mencapai istithaah kesehatan yang mengacu pada ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 Tentang Istithaah Kesehatan Jamaah Haji," katanya. Senin (15/5/2023).


Kepala Dinas dr.H. Ganjar Eko Prabowo, MM memantau langsung penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan tersebut serta memberikan penyuluhan dan berbagi pengalaman beliau saat menunaikan ibadah haji kepada para calon jamaah haji yang melakukan pemeriksaan kesehatan.


Dia juga menyampaikan bahwa selain pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tahap pertama dan kedua, Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas juga melakukan pembinaan kesehatan kepada calon jamaah haji.


"Kita juga memberikan pembinaan kepada calon jemaah haji dan tes kebugaran jasmani serta pengawasan kesehatan dan insha Allah akan melakukan pendampingan kepada calon jamaah haji kabupaten Sambas sampai ke Embarkasi Batam. Semoga seluruh calon jamaah haji Kabupaten Sambas dalam kondisi sehat walafiat dan dapat menlaksanakan ibadah haji dengan sempurna serta kembali ke tanah air dengan selamat," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini