Fraksi DPRD Minta Profesionalisme Pengelola Kearsipan

Editor: Admin author photo

Ket: Fraksi DPRD saat memberikan pandangan umum atas penjelasan Bupati Sambas terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Kearsipan. Selasa (28/3/2023) di aula DPRD Kabupaten Sambas.

Kabarsambas.com - Semua Fraksi di DPRD Kabupaten Sambas memberikan pandangan umum atas penjelasan Bupati Sambas terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Kearsipan. Selasa (28/3/2023)


Dari Fraksi PDI Perjuangan, Mardani mengungkapkan beberapa pandangan atas raperda dimaksud. 


“Untuk terwujudnya penyelenggaraan pengelolaan arsip yang baik profesional memang harus didukung SDM, sarana prasana kearsipan yang baik, karena memang kearsipan merupakan urusan wajib pemerintahan,” ujarnya.


Mardani mengungkapkan penyelenggaraan kearsipan yang baik, berdampak signifikan pada penyelenggaraan pemerintahan yang baik pula. Kedepannya lanjut Mardani, harus menerapkan teknologi dalam penyelenggaraan kearsipan. “Manfaatkan dan maksimalkan teknologi dalam penyelenggaraan kearsipan,” sebut Mardani. 


Dari Fraksi Golkar Urai Farida SH, mengatakan penyelenggaraan kearsipan yang baik merupakan tuntutan dalam mewujudkan good governance. Selain itu lanjut Urai Farida, penyelenggaraan kearsipan dalam rangka memberikan kepastian hukum, transparansi maupun aspek akuntabilitas. 


“Perubahan paradigma sekarang ini juga memberikan pengaruh pada pengelolaan penyelenggaraan kearsipan. Arsip itu punya peran penting dalam sebuah organisasi. Baik sebagai informasi atau data dalam mengambil sebuah keputusan hingga alat bukti ketika terjadi sebuah permasalahan,” ungkap Urai Farida. 


Dari Fraksi Partai Nasdem, Muhammad Farli menyebutkan arsip adalah kebutuhan vital sevbuah organisasi. Arsip lanjut dia harus dikelola secara efektif. 


“Kami fraksi Partai Nasdem mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas atas penyampaian raperda penyelenggaraan kearsipan. Kami menyambut positif pembahasan raperda ini,” terang dia. 


Raperda penyelenggaraan Arsip sebut Farli, sebagai bukti pentingnya arsip dikelola secara profesional. Senada dengan fraksi lainnya, Fraksi Partai Nasdem sebut Farli juga mengingatkan pentingnya dukungan SDM, hingga sarana prasarana untuk meningkatkan profesionalisme pengelolaan penyelenggaraan arsip. 


“Kabupaten Sambas patut berbangga, sudah punya gedung perpustakaan dan kearsipan yang reprensentatif. Pengelolaan kearsipan yang baik, kita harapkan dapat meningkatkan minat baca dan literatur masyarakat,” harap Muhammad Farli. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini