DPRD Sambas Terima Audiensi Panitia Pembangunan Mesjid Agung Sambas 1001 Kubah

Editor: Admin author photo

Ket: DPRD Sambas Terima Audiensi Panitia Pembangunan Mesjid Agung Sambas 1001 Kubah. Kamis (2/3/2023)

Kabarsambas.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas menerima audiensi atau kunjungan dari Panitia Pembangunan Masjid Agung Sambas 1001 Kubah.


Audiensi dipimpin langsung Ketua Yayasan Sambas Raya Madani, Misni Safari SP ME dan perwakilan Panitia Pembangunan Masjid Agung Sambas 1001 Kubah. 


Rombongan audiensi disambut di ruang sidang utama DPRD Kab Sambas, Kamis (2/3/2023) oleh Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar SPd I, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sambas, Suriadi, SH, Ketua Komisi IV, Anwari, SSos., M.AP, Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Nandes, S.Pd, Jan Min, SH, H. Asmuli H. Sundang, Bagus Setiadi, S. Mat. 


Anwari Ketua Komisi IV memberikan apresiasinya kepada yayasan dan panitia pembangunan masjid. Kata dia, apa yang telah diupayakan yayasan dan panitia begitu masif. 


“Saya menyambut baik langkah-langkah yang telah diupayakan pihak yayasan dan panitia dalam mengupayakan infaq shadaqah dari ummat untuk pembangunan masjid ini. Mulai dari pembentukan panitia-panitia sampai ke desa hingga koordinator yang menyasar lintas kabupaten kota,” ujar Anwari. 


DPRD Kabupaten Sambas ungkap Anwari sudah pernah melakukan konsultasi ke Kementerian Agama Republik Indonesia pada tahun 2022 lalu. Disebutkan dia, ada banyak masukan yang diterima perwakilan rombongan DPRD yang melakukan konsultasi tersebut. 


“Ketika kunjungan ke Kementerian Agama RI yang kita lakukan tahun lalu, kita mendapatkan banyak informasi dan masukan terkait pembangunan masjid 1001 kubah ini, mulai bagaimana baiknya nama, status masjid, hingga pendanaan. Mereka mengatakan, semua pembangunan masjid di Indonesia lebih dominan didukung dana ummat. Sehingga kita tidak perlu khawatir atas ancaman kondisi mangkrak,” sebut Anwari. 


Nandes SPd, anggota DPRD Kab Sambas, mengingatkan pentingnya menjaga trust atau kepercayaan atas dana yang disalurkan ke yayasan atau panitia pembangunan. Dia menyarankan pentingnya melaporkan secara rutin pengumpulan dana yang terkumpul hasil shadaqah atau infaq dari masyarakat. 


“Pengalaman saya, terkait pembangunan masjid ini, insyaa Allah dari ummat lah kita mendukungnya. Jika terjadi fenomena penurunan dalam pengumpulan dana yang dikumpulkan dari ummat, saran saya, penting untuk yayasan dan panitia secara rutin melaporkan atau mengumumkan masuknya dana shadaqah infaq atau sumbangan ummat atas rencana pembangunan ini,” tutur Nandes. 



Misni Safari SP, Ketua Yayasan Sambas Raya Madani mengatakan pada prinsipnya, audiensi yang dilakukan ke DPRD Kab Sambas, sebagai ikhtiar Yayasan dan Panitia Pembangunan Masjid Agung Sambas 1001 Kubah. Pointer terpenting lanjut dia adalah dukungan nyata dari pihak DPRD Kabupaten Sambas. 


“Kita minta tolong DPRD agar bisa menyuarakan ke pemda, untuk membantu pembebasan lahan dan dapat nanti dihibahkan,” tutur Misni Safari. 


Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar SPd I, menyambut baik audiensi dari pihak Yayasan dan Panitia Pembangunan Masjid. Dikatakan dia, apa yang menjadi aspirasi dari pihak pemohon audiensi, akan menjadi perhatian penting pihak legislatif. 


“Tadi ada beberapa masukan dari teman-teman anggota DPRD Kabupaten Sambas, pada intinya, DPRD mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan pihak yayasan dan panitia pembangunan. Insyaa Allah, masukan-masukan yang ada, terkait dukungan DPRD nantinya, akan kami bahas lagi secara internal,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini