Program Cerdik Cegah Kanker Dini Pada Anak

Editor: Admin author photo

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dr Ganjar Eko Prabowo

Kabarsambas.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dr Ganjar Eko Prabowo, menjelaskan penyebab terjadinya kanker pada anak sukar untuk dideteksi. Akibatnya sebagian besar anak yang terdiagnosa kanker sudah di tahap stadium lanjutan. Selasa (21/2/2023).


"Namun penyebab kanker pada anak diduga karena adanya interaksi empat faktor terdiri dari genetik, zat kimia, virus maupun paparan radiasi atau rokok saat anak masih dalam kandungan," katanya.


Dia menyebutkan, cara mencegah anak terhindar dari kanker yaitu menerapkan dan mengajarkan perilaku Cerdik pada keluarga termasuk anak. 


"Cek kesehatan secara berkala. Enyahkan asap rokok dengan menghindari paparan asap rokok. Rajin melakukan aktivitas fisik. Diet sehat dan seimbang. Istirahat cukup dan mengelola stres," ucapnya.


Lebih jauh dia menyampaikan, Pemerintah sudah menggalakkan program promosi kesehatan tentang perilaku hidup sehat yaitu perilaku Cerdik sebagai wujud mencegah penyakit tidak menular salah satunya kanker pada anak. Agar jumlah kasusnya tidak semakin banyak. 


"Pemerintah sudah berupaya meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan dengan cara pendekatan keluarga yaitu kunjungan rumah secara periodik oleh petugas kesehatan puskesmas untuk deteksi dini masalah kesehatan, pengobatan segera penyakit, upaya promotif preventif, dan penanggulangan faktor risiko kesehatan dalam keluarga," ujarnya.


Dia menambahkan, petugas puskesmas terus mengembangkan pemeriksaan deteksi dini kanker salah satunya berupa pemeriksaan lihat merah pada mata untuk deteksi dini kanker bola mata atau retinoblastoma pada anak.


"Saat ini puskesmas telah berupaya melakukan pemeriksaan deteksi dini pada kanker, salah satunya pemeriksaan lihat merah pada mata untuk deteksi dini kanker bola mata atau retinoblastoma pada anak," Pungkasnya (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini