Juara I Indeks Desa Mandiri, Desa Sekura Teluk Keramat Dikunjungi Gubernur Kalbar

Editor: Admin author photo

Ket: Gubernur Kalbar, Sutarmidji berkunjung ke Desa Sekura, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Minggu (12/2/2023).

Kabarsambas.com - Gubernur Kalbar, Sutarmidji berkunjung ke Desa Sekura, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Minggu (12/2/2023).


Desa Sekura merupakan salah satu desa di Kecamatan Teluk Keramat yang berhasil menjadi Juara I Indeks Desa Mandiri tingkat Provinsi Kalbar. Mereka juga meninjau Desa Mandiri lainnya yaitu Desa Sungai Baru.


Gubernur Kalbar, Sutarmidji berharap di akhir masa jabatannya nanti, ada 700 desa mandiri se-Kalbar dari target 425 desa mandiri.


Untuk Kabupaten Sambas sendiri kata dia, tidak ada lagi desa yang berstatus desa sangat tertinggal dan desa tertinggal. Gubernur Sutarmidji sangat bangga dengan hal itu.


"Sambas ini desa mandirinya paling banyak. Kalau perlu di Sambas ini semua desanya desa mandiri. Itu baru sangat hebat. Tapi ada satu desa di Sambas yang hebat yaitu Desa Sekura. Dari 74.900 lebih desa di Indonesia, Sekura urutan ke-17," katanya.


Gubernur Sutarmidji juga memuji Desa Sejiram, di Kecamatan Tebas. Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Internet Desa milik Desa Sejiram sudah mampu melayani lebih dari 100 desa.


"Ada satu desa di Kecamatan Tebas, yaitu Desa Sejiram. BUMDES mereka sudah melayani 100 lebih desa untuk internetnya. Ini sangat luar biasa sekali. Anak muda yang memimpinnya," katanya.


Sementara itu, Bupati Sambas, Satono juga bangga dengan status Kabupaten Sambas yang saat ini nihil desa sangat tertinggal dan desa tertinggal. Menurut dia, hal itu adalah bukti majunya pembangunan di Kabupaten Sambas.


"Ini semua tentunya tidak lepas dari peran semua komponen. Baik itu masyarakatnya dan pemerintah. Saat ini sudah tidak ada lagi namanya desa sangat tertinggal dan desa tertinggal di Kabupaten Sambas," katanya.


Kegiatan tersebut juga diikuti unsur Forkopimda, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar dan sejumlah kepala OPD di Kabupaten Sambas. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini