DPRD Sambas Tingkatkan Peran Fungsi Pengelolaan Keuangan Daerah

Editor: Admin author photo

Ket: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas mengikuti Bimbingan Teknis Pendalaman Tugas, Singkawang (1/2/2023).

Kabarsambas.com - Dalam rangka meningkatkan Kapasitas, Peran dan Fungsi Legislatif pada Pengelolaan Keuangan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas mengikuti Bimbingan Teknis Pendalaman Tugas, Singkawang (1/2/2023).


Dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar SPd I, perlu penguatan-penguatan peran dan fungsi DPRD termasuk dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. Disebutkan dia, Bimtek diperuntukkan Pimpinan dan Anggota DPRD, mengambil tema Peran dan Fungsi DPRD dalam Pengelolaan Keuangan dan Kemandirian Fiskal Daerah. 


“Melalui Bimbingan Teknis, kita berharap, DPRD memiliki tambahan wawasan dalam memaksimalkan dan mengoptimalkan peran fungsi legislatif pada Pengelolaan Keuangan dan memberi perhatian untuk Kemandirian Fiskal Daerah,” ujar Ketua.


Wakil Ketua I DPRD, Ferdinan Syolihin SE, mengatakan, dari materi bimtek, membuka pengetahuan DPRD dalam menguatkan bagaimana kedepannya, aspek-aspek yang perlu mendapat perhatian DPRD. 


“Ada hal-hal baru yang kita dapatkan, bagaimana sektor-sektor yang perlu penguatan bersama, antara Pemerintah Daerah dan Legislatif, agar penerimaan PAD dapat dioptimalkan, dan itu menjadi perhatian penting kami,” sebut Ferdinan. 


Wakil Ketua II DPRD Ir H Arifidiar MH, senada dengan pimpinan lainnya, mengemukakan ada kewenangan Legislatif yang dapat dioptimalkan peran dan fungsinya dalam mewujudkan Kemandirian Fiskal Daerah. 


“Diantaranya DPRD memberi perhatian dan mendorong secara konsisten perbaikan tata kelola keuangan daerah agar memenuhi syarat untuk memperoleh insentif fiskal, peningkatan kualitas aparatur pengelola keuangan daerah beserta sarana yang diperlukan dalam peningkatan pajak daerah. Ini menjadi perhatian penting,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini