Selakau Sering Banjir Rob, Anggota DPRD Karmadi Berharap Pemda Berikan Perhatian

Editor: Admin author photo

Ket: Anggota DPRD Kabupaten Sambas Karmadi 

Kabarsambas.com - Sejumlah Desa di Kecamatan Selakau termasuk jalan raya Selakau tergenang banjir akibat rob pasang air laut beberapa waktu lalu yang membuat terhambatnya aktivitas warga Desa. Jum'at (27/1/2023).


Adapun Desa yang terdampak diantaranya Desa Sungai Nyirih, Desa Kuala dan Desa Parit Baru serta jalan penghubung menuju Kecamatan Selakau Timur dan Salatiga.


Banjir rob juga mengakibatkan beberapa sekolah ikut tergenang banjir yang membuat pihak sekolah dengan terpaksa meliburkan sementara aktivitas belajar di Sekolah.


Anggota DPRD Dapil III Sambas, Karmadi mengatakan bahwa beberapa Desa di Kecamatan Selakau sudah lama menjadi langganan banjir rob karena berdekatan sungai besar Selakau dan Laut, namun seiring berjalannya waktu air pasang rob semakin parah.


"Banjir rob ini memang menjadi langganan bagi masyarakat pesisir Selakau. Namun dari tahun ke tahun air pasang terus meningkat ketinggiannya. Bahkan baru-baru ini sudah dua kali terjadi banjir rob, sebelumnya sekitar bulan Desember. Tentunya hal itu menghambat aktivitas warga," katanya.


Dia menjelaskan banjir rob tidak bertahan lama, meskipun hanya sementara aktivitas masyarakat terganggu karena akses transportasi menjadi sulit untuk dilewati dan masyarakat juga harus membereskan barang-barangnya yang rawan terkena air.


"Di jalan raya Selakau khususnya di simpang tiga jalan Ampera banjir dan jalan Ampera akses penghubung tiga kecamatan juga banjir. Tentunya ini menghambat aktivitas sehari-hari seperti anak-anak saat berangkat sekolah dan pekerjaan lainnya. Masalah ini dikhawatirkan kedepannya menjadi masalah yang serius, apalagi kalau air pasang semakin tinggi," jelas Karmadi.


Karmadi berharap Pemerintah untuk memperhatikan permasalahan rutin yang terjadi di Kecamatan Selakau, mengupayakan bagaiman menanggulangi atau mencegah terulangnya banjir rob tersebut.


"Saya selaku anggota DPRD Sambas Dapil III akan mendorong pemkab Sambas segera menangani masalah banjir rob ini. Pemerintah harus berkonsultasi dengan pihak terkait tentang bagaimana upaya pencegahan banjir rob di Selakau," harapnya.


Banjir rob juga membuat masyarakat resah, karena setelah surut akan menyisakan lumpur-lumpur yang membuat masyarakat harus membersihkannya dengan susah payah. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini