-->


Poltesa Gelar Agreed Minutes of Meeting bersama Politeknik METrO Betong Sarawak

Editor: Admin author photo

Ket: Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Signing Ceremony Agreed Minutes of Meeting antara Politeknik Negeri Sambas, Indonesia dan Politeknik METrO Betong Sarawak, Malaysia. Rabu (25/1/2023) Aula Poltesa. 

Kabarsambas.com - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Signing Ceremony Agreed Minutes of Meeting antara Politeknik Negeri Sambas, Indonesia dan Politeknik METrO Betong Sarawak, Malaysia. Rabu (25/1/2023) Aula Poltesa. 

Direktur Politeknik Negeri Sambas, Yuliansyah, S.E., M.E., bersyukur dan mengucapkan rasa terima kasih kepada Politeknik METrO Betong Sarawak yang telah sudi hadir dalam kegiatan Agreed Minutes of Meeting di Poltesa bertatap muka langsung tersebut.


"Alhamdulillah hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan yang sudah kita gagas jauh-jauh hari. Selamat datang tuan puan di Kabupaten Sambas terkhusus di Politeknik Negeri Sambas. Kabupaten yang letaknya di utara Kalimantan Barat paling ujung ini, jika jarak yang kami tempuh untuk ke Sarawak itu lebih dekat dari pada jarak yang ingin di tempuh ke Pontianak," ujarnya. 


Ia juga memperkenalkan para pimpinan Poltesa yang turut hadir membersamai dalam kegiatan berlangsung. Yuliansyah mengatakan kerja sama harus tetap terjalin meski selalu dihadapkan dengan tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan. 


"Sebenarnya apa yang disampaikan oleh Pengarah Mr. Suhaili, kerja sama ini harus tetap terjalin, tuntutan globalisasi saat ini terutama dalam bidang pendidikan maupun dunia kerja sangat tinggi. Kalau kita mengenal kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KNI) tidak membatasi lulusan pelajar atau mahasiswa akan bekerja, tapi standarnya harus dibangun," ungkapnya. 


Direktur Poltesa menuturkan bahwa kolaborasi dan kerja sama yang telah dijalankan oleh Poltesa tidak hanya sesama kampus dalam negeri, tetapi juga sudah banyak kampus-kampus luar negeri khususnya negara tetangga Malaysia yang telah dijajaki kerja sama salah satunya Politeknik METrO Betong Sarawak. 


"Membangun standar kompetensi ini yang kita tidak bisa hanya parsial atau kita tidak bisa bercermin hanya dengan kemampuan kita sendiri dengan kapasitas yang ada, kita harus banyak membangun kolaborasi kemitraan tidak hanya dengan kampus-kampus politeknik yang ada di Indonesia tetapi juga menjadi sebuah tuntutan dan kebutuhan untuk berkolaborasi dengan kampus eksternal salah satunya adalah dengan kampus negara tetangga Malaysia," tuturnya. 


Adapun tindak lanjut dari pertemuan tersebut adalah Poltesa akan berkunjung ke kampus Politeknik METrO Betong Sarawak untuk ikut konferensi internasional sebagai salah satu indikator kemajuan dan inovasi dalam mengembangkan kampus Poltesa tercinta. 


"Tadi juga kita sudah ditawarkan untuk Konferensi Internasional di sana, jadi kita ingin lihat salah satu indikator kemajuan perguruan tinggi ini kan seberapa banyak melakukan inovasi dan literasi-literasi yang kita perkuat melalui konferensi internasional dengan kampus lain yang ada di kawasan Kasaba atau Kalimantan Sarawak Sabah paling tidak menjadi gagasan tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga dalam bidang perekonomian dan integrasi ini yang harus kita bangun secara bersama-sama secara komprehensif dibeberapa perguruan tinggi," katanya. 


Harapan nanti banyak hal yang bisa di sharing dan kedepannya banyak kerja sama yang kita lakukan baik itu kerja sama dalam bentuk magang mahasiswa juga pertukaran mahasiswa dan dosen. 


"Kami masih banyak keterbatasan, kehadiran bapak ibu jadi nilai tambah bagi kami untuk memperkuat, kita harus memiliki banyak-banyak referensi dan pembanding untuk tumbuh dan maju. Kerja sama internasional ini ada penilaian cukup baik dan menambah nilai Poltesa, selain mendapatkan ilmu, juga menambah poin pengembangan kampus," pungkas Yuliansyah. 


Pengarah Politeknik METrO Betong Sarawak, Malaysia, Suhaili bin Aleh., menghaturkan rasa terima kasih atas jamuan yang diberikan dan di terima kunjungan menjalin kerja sama ke Poltesa dalam rangka Agreed Minutes of Meeting. 


"Kedepannya antara Politeknik METrO Betong Sarawak dan Poltesa ini dapat menjalin kerja sama baik dari segi ilmu maupun keakraban kita sebagai serumpun, meskipun kita berbeda negara," ujarnya. 


Ia mengungkapkan kedepannya akan banyak program yang bisa disinergikan, diantaranya pertukaran dosen yang mengajar maupun pertukaran mahasiswa Poltesa ke Politeknik METrO Betong Sarawak. 


"Dalam segi pendidikan kita akan pertukaran dosen maupun mahasiswa, dosen kita mungkin mengajar di Poltesa atau dosen Poltesa mengajar di kampus Politeknik METrO Betong dan pertukaran mahasiswa belajar di Poltesa begitu juga sebaliknya," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini