-->


Sosialisai Program Tema Sipindu, Bupati Satono Ingatkan Warga Modal Usaha Untuk Perbaikan Ekonomi

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H. Satono menghadiri Sosialisasi Peminjaman Kredit Usaha Mikro yang disalurkan oleh Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Selasa (6/12/2022)

Kabarsambas.com – Bupati Sambas H. Satono menghadiri Sosialisasi Peminjaman Kredit Usaha Mikro yang disalurkan oleh Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank.


Kegiatan dengan tema Sipindu ini dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas. Selasa (6/12/2022)


Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H menyampaikan Kabupaten Sambas memang tidak mengalami inflasi, tetapi bukan tidak ada masalah, masyarakat harus tetap waspada akan hal tersebut. 


"Untuk daerah kita sebagaimana laporan dari BPS, Kabupaten Sambas memang tidak mengalami inflasi, artinya kondisi ekonomi rakyat Kabupaten Sambas pada hari ini cukup ramai namun bukan berarti tidak ada masalah," ucapnya. 


Dunia saat ini sedang dilanda krisis pangan, dimana 82 negara terancam krisis pangan dan 350 juta manusia terancam kelaparan. 


Bupati Satono mengingatkan bagi masyarakat atau koperasi jangan sampai alokasi dan pinjaman disalahgunakan, harus digunakan kepada hal yang bermanfaat untuk menghidupkan perekonomian warga. 


"Saya berharap acara hari ini tidak hanya sebatas sosialisasi tetapi harus ada foll up, bagaimana nanti kalau ada program pinjaman bank itu betul-betul bisa dimanfaatkan, karena itu dapat membantu roda ekonomi dan kegiatan-kegiatan yang ada di kelompok koperasi," ujarnya. 


Satono menuturkan masih banyak masyarakat di Kabupaten Sambas jika lembaga-lembaga yang bisa memberikan bantuan modal untuk membuka usaha. 


"Banyak peluang dan usaha yang bisa dikembangkan oleh masyarakat Kabupaten Sambas khususnya, barangkali ada lembaga-lembaga pemerintah yang ada lokasi KSRnya dan bantuan-bantuan modal usaha yang belum diketahui masyarakat," pungkas Bupati Sambas. 


Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas, Hermanto, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut pesertanya terdiri pelaku UMKM dan pelaku koperasi ada di Kabupaten Sambas yang mengarah kepada simpan pinjam. 


"Terkait dengan kegiatan kita pada hari ini, yang kita undang itu para pelaku UMKM dan pelaku koperasi yang mengarah ke simpan pinjam. Kedepannya koperasi akan kita dorong menjadi lembaga mengakomodir anggotanya untuk simpan pinjam dan anggota dari koperasinya itu para UMKM," ujarnya. 


Ia menuturkan saat ini Diskumindag sedang berkolaborasi menggagas pinjaman dengan LPDB, kemudian Ia sebutkan terdapat pinjaman non bank dari Kanwil Perbendaharaan Kementerian Keuangan. 


"Sekarang kita lagi menggagas pinjaman dengan Kementerian Koperasi dan UKM yaitu Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), kemudian ada pinjaman dari non bank dari Kanwil Perbendaharaan Kementerian Keuangan, itu juga ada alokasi anggaran yang non bank," tutur Hermanto. 


"Kedepannya koperasi sebagai lembaga yang mengakomodir UMKM untuk meningkatkan usahanya. Maka yang kita hadirkan pada hari ini dari Kanwil Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Bank Kalbar, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebagai narasumber dan kita kolaborasi," imbuhnya


Hermanto berharap kegiatan tersebut harus ada tindak lanjut agar bisa terwujud sesuai dengan RPJMD Kabupaten Sambas. 


"Ini tidak akan hanya selesai sampai disini, tahun depan kita akan mengarah lagi ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas sampai target kita TEMA SIPINDU itu bisa terealisasi terwujud sesuai dengan RPJMD Kabupaten Sambas tahun 2021-2026," Pungkasnya. (Sai)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini