Musim Penghujan, BPBD Sambas Himbau Warga Waspada Banjir

Editor: Admin author photo

Ket: Hujan deras yang menimpa kabupaten Sambas mengakibatkan beberapa daerah terjadi banjir

Kabarsambas.com - Hujan deras yang menimpa kabupaten Sambas mengakibatkan beberapa daerah terjadi banjir. 


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sambas, Marjuni, menyampaikan laporan dari kecamatan di Kabupaten Sambas yang terdampak banjir yang memang saat ini masih menggenangi beberapa lokasi.


"Dari laporan beberapa camat, daerah yang terdampak intensitas curah hujan tinggi di Kabupaten Sambas antara lain Kecamatan Tebas ada beberapa desa yaitu Tebas sungai, Tebas Kuala, dan Dungun Perapakan, Kecamatan Sebawi yang terdampak banjir yaitu Desa Sempalai Sebedang, Tebing Batu, dan Desa Sebangun, untuk Kecamatan Jawai Selatan yang terdampak banjir yaitu Desa Jelu Air, Jawai Laut, dan Desa Ramayadi, serta Kecamatan Sajingan yang terdampak yaitu Desa Kaliau’," ungkapnya. 


Meski belum ada laporan warga yang mengungsi, Marjuni mengatakan rata-rata ketinggian air saat ini masih di bawah lutut orang dewasa, seiring berjalannya waktu air sungai diharap segera surut. 


"Saat ini relatif rata-rata ketinggian air masih di bawah lutut orang dewasa. Mudah-mudahan seiring dengan surutnya air sungai dan intensitas air hujan menurun, genangan air dapat segera turun dan surut," harap Marjuni. 


Marjuni juga menghimbau agar masyarakat yang terkena banjir untuk segera mengevakuasi barang-barang terutama barang elektronik yang mudah terkena konslet listrik. 


"Kami menghimbau untuk masyarakat Kabupaten Sambas, khususnya yang terdampak banjir, agar segera mengamankan listrik dan barang-barang elektronik yang dapat menyebabkan konslet listrik. Lalu, masyarakat harus waspada terhadap hewan-hewan sungai yang berbahaya masuk ke rumah seperti ular dan sebagainya," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini