-->


Menyikapi Fenomena Kebahasaan, Komisi IV Kunjungi Balai Bahasa

Editor: Admin author photo

Ket: Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas melakukan kunjungan kerja ke Balai Bahasa Propinsi Kalimantan Barat, Jumat (25/11/2022).

Kabarsambas.com - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas melakukan kunjungan kerja ke Balai Bahasa Propinsi Kalimantan Barat, Jumat (25/11/2022). 


Rombongan dipimpin langsung Wakil Ketua I DPRD Suriadi bersama Ketua Komisi IV DPRD Kab Sambas Anwari SSos MAP. Rombongan wakil rakyat diterima langsung Kepala Balai Bahasa Prop Kalbar Drs Anang Santosa MHum. 


Kunjungan itu, dijelaskan Ketua Komisi IV dalam rangka menyikapi fenomena kebahasaan dan dukungan DPRD terhadap pembangunan kependidikan khususnya kebahasaan. 


"Fenomena kebahasaan merupakan suatu kondisi dimana melunturnya kebanggaan untuk menggunakan bahasa Indonesia, dan ini sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara kita," ujar Anwari. 


Fenomena Kebahasaan lainnya lanjut dia, melunturnya sikap positif terhadap Bahasa Indonesia. Kurangnya Pemakaian bahasa Indonesia diruang Publik. 


"Dari kunjungan kita ke Balai Bahasa, juga kita dapatkan fakta dari Fenomena Kebahasaan, adanya kondisi beberapa bahasa daerah yang terancam punah. Ini juga menjadi penting untuk menjadi perhatian bersama," jelas Ketua Komisi IV. 


Suriadi, Wakil Ketua III DPRD Kab Sambas, menambahkan kedepannya perlu langkah-langkah komprehensif untuk mengatasi fenomena kebahasaan itu. Diantaranya pesan dia dengan mengambil langkah atau kebijakan Apresiasi dan Kreasi Sastra Daerah. 


"Langkah penting lainnya adalah dengan meningkatkan minat Literasi Baca dan Tulis. Sehingga problematika fenomena kebahasaan dapat ditangani dengan bijak," sebut Suriadi. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini