Komisi IV DPRD Sambas Apresiasi Penghargaan HAM Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Ketua Komisi IV Anwari 

Kabarsambas.com - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas, Anwari, S.Sos mengapresiasi penghargaan nilai tertinggi aksi Hak Asasi Manusia (HAM) yang dicapai oleh Kabupaten Sambas pada tahun 2022. 


Menurut Anwari hal tersebut menunjukkan bagaimana Pemda Sambas mampu mengatasi persoalan HAM di daerahnya dengan baik.


“Kita mengapresiasi ini, hal tersebut menunjukkan bahwa Pemda Sambas dibawah komando Bupati Satono mampu menghadirkan rasa keadilan bagi masyarakatnya secara luas, capaian ini adalah sebuah kinerja yang baik,” katanya. Jumat (11/11/2022)


Legislator Partai Gerindra tersebut juga mengatakan, persoalan HAM di berbagai tempat termasuk di Kabupaten Sambas meliputi banyak sektor, seperti kebebasan beragama, sosial ekonomi, politik hingga agraria.


“Kalau kita cermati di Sambas persoalan yang menyangkut HAM yang paling dominan adalah terkait kasus agraria, masalah perusahaan perkebunan dengan masyarakat, hal ini sampai saat ini kita lihat ditangani dengan cukup baik oleh pemerintah kabupaten Sambas,” kata Anwari.


Dia juga memaparkan program searta visi misi Kabupaten Sambas yang berkemajuan juga mengedepankan pembangunan yang adil, sehingga selaras dengan pemenuhan hak masyarakat Kabupaten itu dalam hal mendapatkan Pendidikan, pelayanan Kesehatan serta kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.


“Pemda dan semua pihak berupaya memenuhi kebutuhan Pendidikan bagi masyarakat Sambas, kemudian pembangunan baik secara fisik dan non fisik juga terus dilakukan seperti infrastruktur, meskipun belum 100 persen semua terjamah akan tetapi upaya keras dilakukan bahkan dengan membangun melalui dana non APBD,” ujar Anwari.


“Selanjutnya kita juga melihat keseriusan Pemda Sambas dalam hal memenuhi pelayanan Kesehatan bagi masyarakatnya, adanya program Prosesar yakni berobat gratis menjadi satu diantaranya,” papar Anwari.


Pemda Sambas kata dia, juga sangat mendukung kebebasan dalam menjalankan Ibadah bagi seluruh umat beragama.


“Semua dibantu dalam hal membangun sarana ibadah, tentu paling banyak ya pembangunan Masjid, karena kita dominan umat muslim, namun umat beragama lainnya juga tak luput dari perhatian pemerintah daerah, saya kira hal hal tersebut juga menjadi nilai tambah bagi Kabupaten Sambas yang tertinggi dalam hal pencapaian aksi HAM di Kalimantan Barat,” pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini