-->


IMTEK Minta KPU Sambas libatkan Mahasiswa Uji Publik Perpecahan Dapil

Editor: Admin author photo

Ket: IMTEK Minta KPU Sambas libatkan Mahasiswa Uji Publik Perpecahan Dapil 

Kabarsambas.com - Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (IMTEK) merespon positif terkait rencana perpecahan dapil di kabupaten Sambas. Mahasiswa meminta agar konsep perpecahan dapil yang sesuai dengan edaran KPU Kabupaten sambas bertujuan untuk kemakmuran masyarakat. 

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan IMTEK, Putri mengatakan Perpecahan daerah pemilihan merupakan isu penting guna mewujudkan pemilihan umum yang demokratis


“ Perubahan atas daerah pemilihan yang terjadi telah membawa problematika yang dilematis dalam penataan ulang lingkup daerah pemilihan. Merujuk pada lampiran edaran dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas, di mana pada awalnya ada 5 daerah pemilihan bertambah menjadi 7 daerah pemilihan di kabupaten Sambas,” Katanya. Selasa (29/11/2022)


Putri menambahakan sebagai masyarakat khususnya mahasiswa, penting untuk mengetahui bagaimana dampak positif dan negatif, serta bagaimana implikasi terhadap peta perolehan suara partai politik di daerah pemilihan. 


“Ya, Selain Bawaslu yang merupakan badan resmi pengawasan pemilu, tentu kita harus berperan aktif dalam melakukan melaksanakan pengawasan, dan mahasiswa harus dilibatkan dalam uji publik pada 7 Desember 2022 nanti nya sebagai perwujudan pengawasan partisipatif mahasiswa dalam mengawal demokrasi,” Tuturnya. 


“Saya berharap, perpecahan daerah pemilihan ini tetap mengedepankan kepentingan masyarakat, tidak hanya untuk kepentingan kelompok tertentu dan harus sesuai dengan prinsip-prinsip yang berlaku di PKPU no 6 Tahun 2022 yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan,” Pungkasnya. (Sai)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini