-->

Bupati Satono Serahkan 176 Unit Alsintan Untuk Petani

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono saat menyerahkan 176 Unit Alsintan kepada kelompok Tani. Rabu (16/11/2022) di halaman Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Sambas.

Kabarsambas.com - Bupati Sambas H Satono menyerahkan 176 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani (Poktan) di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas. Rabu (16/11/ 2022)


Bupati Sambas H Satono menyampaikan, penyerahan alat mesin pertanian sebanyak 176 unit tersebut kepada Poktan bertujuan untuk menunjang pertumbuhan di sektor pertanian.


"Alhamdulillah hari ini penyerahan Alsintan kepada para Poktan sebanyak 176 pada hari ini dan saya sangat bahagia bertemu dengan bapak ibu yang ikut hadir dalam penyerahan Alsintan ini," ucapnya. 


H Satono mengatakan, pada tahun 2022 komitmen Pemda Sambas dalam sektor pertanian semakin kuat dengan telah dialokasikannya anggaran sebanyak 5 miliyar untuk kebutuhan alat alat pertanian yang diperbantukan kepada para petani.


"Komitmen Pemda Sambas 2022 ini telah mengalokasikan dana sebanyak 5 miliyar untuk keperluan alat di sektor pertanian, masyarakat Sambas 70 persen bergerak di sektor pertanian termasuk didalamnya Holtikultura dan perikanan, katanya.


"Kabupaten Sambas merupakan lumbung padi dan sebagai penyalur sebesar 25 persen untuk Kalimantan Barat jika kebutuhan beras untuk Kalimantan Barat sebanyak 100 persen seperempatnya dicukupi oleh rakyat Sambas, artinya sektor pertanian kita sangat bagus," tambahnya.


Dijelaskan H Satono, sektor pertanian merupakan program unggulan yang tertuang di Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Sambas.


"Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sambas telah berjalan satu tahun lebih, masih banyak kekurangan dan perbaikan yang harus dilakukan, hal ini diperlukan power yang lebih kuat, maka dari itu untuk meningkatkan sektor pertanian Pemda Sambas mesti berkolaborasi dengan Gapoktan dan Poktan yang ada di tingkat Desa," jelasnya.


"Permasalah di bidang pertanian saat ini adalah pupuk bersubsidi, sebenarnya pupuk bersubsidi itu banyak hanya saja barang tersebut tingkat pengawalan itu yang lemah, sehingga pupuk yang seharusnya ada di Kabupaten Sambas tidak diketahui keberadaannya," ungkap Satono.


H Satono berharap, dengan diberikannya bantuan Alsintan tersebut dapat membantu meringankan dan meningkatkan hasil di sektor pertanian.


"Saya harap dengan diberikannya bantuan Alsintan sebanyak 176 dapat meningkatkan kemajuan di sektor pertanian dan tidak menimbulkan kecemburuan sosial di desanya masing-masing," tutupnya.


Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas H.Musanif mengatakan, penyerahan Alsintan tersebut sepenuhnya dibiayai oleh APBD Kabupaten Sambas.


"Penyerahan Alsintan tersebut sepenuhnya dibiayai oleh APBD Kabupaten Sambas kurang lebih mencapai 5 miliyar dengan jumlah bantuan Alsintan sebanyak 176 unit," kata Mursanif.


Disampaikan Mursanif, penyerahan bantuan untuk para petani berbentuk alat dengan berbagai jenis yang diserahkan langsung kepada masyarakat Poktan diseluruh Kabupaten Sambas.


"Dari 176 unit tersebut 103 itu berupa handspayer, pompa air, kendaraan angkut roda tiga, traktor, cultivator, power tresher dan satu unit excavator, ucapnya.


"Kita berharap bahwa dengan diserahkannya alat ini membantu para petani kita untuk meningkatkan produktivitas usaha pertaniannya," harapnya.


Lanjut Mursanif menyampaikan, Pemda Sambas memfasilitasi masyarakat apabila ingin mendapatkan BBM bersubsidi.


"Kita informasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sambas bahwa, jika ingin mendapatkan BBM bersubsidi untuk mengajukan surat rekomendasi kepada dinas pertanian, khususnya kelompok tani untuk mendapatkan BBM bersubsidi jenis solar di Pertamina yang ada disekitarnya," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini