-->

Banjir Tak Kunjung Surut, Sungai Galing Perlu Normalisasi

Editor: Admin author photo

Ket: Kondisi Banjir Di Desa Sijang Kecamatan Galing. Jum'at (18/11/2022)

Kabarsambas.com – Kondisi Banjir di kecamatan galing Khususnya Desa Sijang tidak kunjung surut. Hal ini dipengaruhi tingginya intesitas hujan yang terus terjadi. 


Warga Desa Sijang Yuspiandi mengatakan banir yang menimpa desa sijang sudah terjadi terjadi sejak beberapa hari yang lalu yakni sejak Minggu (13/11/2022) Hal ini dikarenakan tingginya curah hujan yang terjadi. 


”Kondisi banjir kali ini tidak seperti yang tahun lalu. Kalau yang lalu begitu air turun langsung habis, tapi untuk kali ini air yang menggenangi pemukiman belum sempat surut namun hujan terus terjadi membuat air tertahan dan bahkan ketinggian (debit) air naik lagi,” ungkapnya. 


Ketua Karang Taruna Desa Sijang Jepri mengatakan kondisi banjir yang terjadi menimbulkan keprihatinan terhadap warga yang terdampak. 


“Tentu warga terdampak pasti berada dalam suasana yang tidak tenang, tidak dapat beraktivitas sebagaimana biasa dan dampak-dampak lainya seperti mudahnya terserang penyakit,” Tuturnya.


Sementara Pj. Kepala Desa Sijang H. Bunjani, S.Pd.I mengatakan untuk wilayah Kecamatan Galing, Desa Sijang adalah salah satu desa yang sering terjadi banjir terutama di dusun sehati RT 005, RT 006 dan RT 007/RW 002.


“Faktor banjir ini bisa disebabkan curah hujan yang tinggi namun penyempitan dan mendangkalnya sungai juga menjadi faktor penyebab lainya. Untuk itu, perlu ada upaya-upaya yang harus dilakukan oleh para pihak atau pemangku kebijakan agar kedepanya banjir tidak lagi terjadi. Dan kalaupun masih terjadi, paling tidak ketinggian air berkurang dan bisa turun dalam waktu yangg cepat,” tuturnya.


Kader Terpilih Rusdin, S.Sos menyebutkan bahwa Normalisasi Sungai Sijang Besar dan anak-anak sungai Sijang selalu menjadi prioritas dalam Daftar Usulan (DU) di Musrenbang. 


“Bahkan pengusulan sudah sejak Kades-kades periode sebelum saya. Namun untuk Normalisasi Sungai Sijang Besar sampai saat ini belum pernah terealisasi. Semoga kedepan usulan agar Sungai Sijang Besar bisa di normalisasi dapat terlaksana,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini