-->

Menjelang Pemilu 2024, Bawaslu Sambas Lantik 57 Panwaslu Kecamatan

Editor: Admin author photo

Ket: Menjelang Pemilu 2024, Bawaslu Sambas Lantik 57 Panwaslu Kecamatan. Jumat (28/10/2022)

Kabarsambas.com - Bawaslu Kabupaten Sambas melaksanakan Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sambas Pemilu Tahun 2024. Jumat, (28/10/2022) di Aula Hotel Pantura Jaya Sambas.



Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas, Ikhlas, S.T., menyampaikan Pemilu Serentak 2024 adalah tanggung jawab bersama. Menurut UU. No 7 Tahun 2017 Pasal 105 bahwa Panwaslu Kecamatan bertugas untuk melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran pemilu. 



"Kita pahami bahwa pesta demokrasi yakni Pemilu 2024 yang dilaksanakan Kabupaten Sambas, merupakan pekerjaan dan tanggung jawab kita bersama. Berdasarkan UU No 7 Tahun 2017 Pasal 105 bahwa Panwaslu Kecamatan bertugas melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran pemilu, serta melakukan pengawasan tahapan pemilu di wilayah kecamatan, maka dituntut harus mampu bekerja sama dan bersinergi dengan stakeholder di wilayah kerjanya masing-masing, dalam mengemban tugas, wewenang dan kewajiban sebagaimana telah diamanahkan oleh peraturan perundang-undangan tersebut," ujarnya. 



Dikatakan Ikhlas, bahwa hingga saat ini tahapan pemilu telah memasuki tahapan verifikasi pendaftaran selamat calon peserta Pemilu 2024. 



"Perlu kita ketahui bersama bahwa tahapan pemilu pada saat ini telah memasuki tahapan verifikasi pendaftaran calon peserta Pemilu 2024, di mana jajaran KPU sedang melakukan verifikasi faktual keanggotaan partai politik. Berdasarkan rekap yang kami terima terhitung lebih kurang 2.167 orang anggota parpol (9 parpol) yang tersebar di 19 kecamatan," kata Ikhlas. 



Ia menghaturkan selamat kepada seluruh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sambas yang tekah dilantik, semoga selalu melakukan kerja-kerja pengawasan secara berintegritas dan profesional. 



"Kepada anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sambas yang baru saja dilantik. Saya ucapkan selamat bergabung menjadi keluarga besar Bawaslu Kabupaten Sambas, semoga tetap amanah, profesional, jujur, dan adil dalam mengemban amanah," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini