Lala Kuli Festival 2022, Bupati Satono Harap UMKM Berkembang Pesat

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono didampingi Ketua TP PKK Sambas Yunisa Satono saat membuka secara resmi Lala Kuli Festival 2022. Jum'at (7/10/2022)

Kabarsambas.com - Bupati Sambas H. Satono resmi membuka acara Lari-larian Kuliner (Lala Kuli) Festival tahun 2022 dengan tema pulih lebih cepat bangkit lebih kuat bersama UMKM, ditandai dengan pelepasan balon. Jumat (7/10/2022). di bundaran depan Kantor Bupati Sambas.


Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., mengatakan Lala kuli festival 2022 adalah salah satu event yang dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat setelah dilanda Pandemi Covid-19 serta agenda seperti ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sambas.


"Tentu kabupaten Sambas adalah daerah yang mempunyai sektor pertanian, ada 41 ribu angka kemiskinan di kabupaten Sambas tahun 2021 dan di tahun 2022 angka kemiskinan di kabupaten Sambas menurun," ujarnya. 


Dirinya menuturkan kedepannya kegiatan seperti tersebut harus dilaksanakan dan dikonsep dengan lebih rapi. 

 

"Festival seperti ini menjadi salah satu destinasi wisata juga, peserta yang ikut Lala Kuli Festival hari ini tidak sesuai dengan perencanaan yang kita rencanakan, tapi tidak kenapa ini merupakan awal saya anggap sudah bagus, kedepannya semoga lebih rapi lagi," katanya. 


Masyarakat Kabupaten Sambas sangat antusias dan merindukan acara seperti tersebut, sehingga dikatakan Bupati Sambas sebelum acara festival resmi dibuka masyarakat sudah ramai berkunjung. 


"Demikian juga sudah dua hari belum dibuka, tetapi antusias penjual dan pengunjung yang sangat ramai, ini artinya ekonomi kerakyatan sudah mulai tumbuh kembang yang baik bagi masyarakat Kabupaten Sambas," jelasnya. 


Bupati Sambas menambahkan harusnya acara tersebut dibuka pada malam hari agar bertepatan dengan hiburan-hiburan dan acara yang berlangsung selama lima hari tersebut mendapat dukungan Bupati untuk menambah waktu. 


"Semestinya acara pembukaan ini malam jadi ada hiburannya, terus terang saya senang sekali agenda seperti ini terus dikembangkan dan kalau bisa jangan hanya 5 hari tetapi diperpanjang," pungkasnya. 


Ditempat yang sama Ketua Panitia Lala kuli Festival 2022, Daud Usman, juga menyampaikan laporannya mengucapkan rasa terima kasihnya dan mengapresiasi Pemerintahan Daerah Kabupaten Sambas yang telah mengizinkan dan kegiatan tersebut terselenggara di Kabupaten Sambas. 


"Terima kasih dan apresiasi untuk pemerintah Kabupaten Sambas beserta seluruh jajaran yang sudah memfasilitasi kegiatan ini tidak lupa permohonan maaf kami yang sebesar-besarnya dengan segala kekurangan dan keterbatasan kami pada event perdana di Kabupaten Sambas setelah masa pandemi kita lalui, kami belum bisa 100 persen mengikuti konsep yang telah direncanakan karena antusiasme para pedagang dan UMKM dari semua kalangan di Kabupaten Sambas dan sekitarnya," ujarnya. 


Daud berharap pihaknya selaku EO dapat terus berkarya di Kabupaten Sambas dengan dukungan dan fasilitas Pemda Sambas. 


"Kami juga mohon dukungan dari masyarakat Kabupaten Sambas untuk meramaikan acara festival ini untuk mensuppoort UMKM yang ada di Kabupaten Sambas. Kami juga merencanakan acara creatif day yang berbarengan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang dengan nama Sambas Youth Culture sebagai pesta rakyat budaya pariwisata untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sambas," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini