Bupati Satono Lepas Peserta Jalan Santai HUT Ke-25 RSUD Pemangkat

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Satono bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sambas Yunisa Satono saat melepas Peserta Jalan Santai HUT Ke-25 RSUD Pemangkat. Minggu (30/10/2022)

Kabarsambas.com - Dalam memeriahkan HUT ke -25 RSUD Sambas. RSUD Pemangkat mengelar Jalan santai.


Bupati Sambas H. Satono, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas, Hj. Yunisa Satono melepas peserta jalan santai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 RSUD Pemangkat, Minggu (30/10/2022) kemarin.


Bupati Sambas Satono mengatakan, usia RSUD Pemangkat sebenarnya sudah berusia lebih dari setengah abad berdiri sejak tahun 1955 oleh Kesusteran Belanda. Kemudian dikelola oleh Yayasan Rumah Sakit Rakyat Pemangkat di bawah pimpinan dr Lim Tiong Sing.


"RSUD Pemangkat berdiri sejak 1955, artinya sudah berusia 67 tahun, luar biasa. HUT RSUD Pemangkat hari ini merujuk kepada SK Kementerian Kesehatan. Jadi pada tanggal 28 Oktober 1997 ditetapkan sebagai hari lahirnya RSUD Pemangkat," katanya.


Bupati Sambas Satono mengatakan, RSUD Pemangkat sudah melalui jalan yang panjang dalam melayani kesehatan masyarakat Kabupaten Sambas. Walaupun secara seremonial peringatan HUT RSUD Pemangkat baru yang ke-25 tahun, tapi RSUD Pemangkat sudah melayani masyarakat selama 67 tahun.

 

"Saya haturkan ribuan terimakasih kepada masyarakat Pemangkat dan sekitarnya, yang telah berkolaborasi secara terus-menerus dengan RSUD Pemangkat, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," katanya.


Lebih jauh, Bupati Sambas Satono mengatakan, salah satu dari 9 program unggulan Sambas Berkemajuan adalah peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan.


Bupati Sambas Satono melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Sambas sejak awal, telah mendorong bagaimana agar RSUD Pemangkat terus memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.


"Dua setengah tahun diguncang pandemi Covid-19, kita semua tau dampaknya luar biasa, termasuk dampak ekonomi. Oleh karena itu di awal pemerintahan, saya mencanangkan program kesehatan bernama PROSESAR," katanya.


Bupati Sambas Satono mengatakan, peluncuran program PROSESAR dilakukan tepat 17 Agustus 2021, 3 bulan setelah dia dilantik sebagai Bupati Sambas.


Melalui PROSESAR masyarakat yang tidak memiliki BPJS bisa berobat gratis, terutama mereka yang tidak memiliki kemampuan ekonomi yang memadai atau masyarakat miskin.


"Kalau ada yang sakit langsung bawa saja berobat ke RSUD Pemangkat, RSUD Sambas dan RSUD Teluk Keramat. Kalau di rawat inap, tidak perlu bayar, semuanya ditanggung Pemerintah Kabupaten Sambas," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini