Bupati Satono Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan kosong Tanam Sayur dan Buah

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H Satono mengajar masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong Tanam Sayuran dan Buah-buahan.

Kabarsambas.com - Dalam upaya mengendalikan inflasi. Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menghimbau masyarakat untuk perlahan mandiri menanam sayuran dan buahan dengan memanfaatkan tanah kosong disekitaran rumah. Selasa (11/10/2022).


Dia menyebut bahwa tanaman tidak perlu mewah, melainkan yang mudah untuk ditanam dan yang tidak memerlukan perawatan khusus.


"Kalau ada lahan tanah yang kosong disekitaran rumah, kiri kanan depan belakang tanami cabe, baik itu cabe rawit, peranggi, tomat, kacang panjang, terong, timun, bayam, kangkung, jadi kalau dapat kita tidak perlu beli," sebut Satono.


H. Satono mengatakan bahwa Sambas mayoritas pekerja adalah seorang petani, tapi masyarakatnya masih membeli sayuran di Luar Daerah hal itu tentu akan menjadi tanyatanya.


"Kita orang pemangkat tanah luas, ibu bapak petani namun beli cabe rawit dari Singkawang. Kangkung beli diluar, tanaman paku beli juga, kalau kita rajin kita cukup tinggal ambil itu ada disekitaran kita, jangan beli lagi mari kita mulai tanam sekarang masih belum terlambat," katanya.


Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., setuju dengan pesan Bupati Sambas bahwa dirinya juga sudah lama menerapkan hal tersebut.


"Betul kata Pak Bupati, kalau ada pekarang kosong lakukan penanaman, saya cabe rawit sudah tidak beli, daun sop, daun bawang, kacang panjang, bayam pisang dan beberapa tanaman lainnya, semuanya saya tanaman sendiri," ujarnya.


Dia menuturkan Kalau tidak ada modal untuk membeli benih, pakai saja dari biji-bijian yang sudah dimakan, karena sayuran yang dimakan tidak memerlukan tempat yang luas dan cukup mudah pengerjaannya.


"Tidak perlu yang ribet, kacang panjangan pakai lahan 1x1m saja sudah bisa untuk dapat 2-3 kilogram dan pengerjaannya tidak begitu sulit," tutup Sutarmidji. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini