-->

Bawaslu Sambas Lakukan Tes Tertulis CAT Panwaslu Kecamatan

Editor: Admin author photo

Ket: Pelaksanaan tes tertulis sistem Computer Assisted Test (CAT) seleksi Panwaslu Kecamatan pada Pemilu 2024. Jumat (14/10/2022) di Ruang Komputer, SMK Negeri 1 Sambas

Kabarsambas.com - Bawaslu Kabupaten Sambas melaksanakan tes tertulis sistem Computer Assisted Test (CAT) seleksi Panwaslu Kecamatan pada Pemilu 2024. Jumat (14/10/2022) di Ruang Komputer, SMK Negeri 1 Sambas. 


Ketua Kelompok Kerja Perekrutan Panwaslu Kecamatan, Yesi Mayasanti, S.Pd., M.E., menerangkan secara teknis mengenai pelaksanaan tes CAT yang dimulai dengan registrasi peserta dan peraturan dari panitia tidak memperkenankan peserta tes untuk membawa perlengkapan pribadi ke dalam ruangan seperti alat tulis, handphone, dan tas harus ditinggalkan di luar ruangan dan dititipkan kepada panitia. 


"Alhamdulillah pada hari ini kita sampai di tahap tes tertulis CAT Panwaslu Kecamatan yang dimulai dengan registrasi mengisi daftar hadir, lalu panitia memberikan kartu peserta kemudian saat masuk ke dalam ruangan mereka tidak boleh membawa alat tulis dan tas," ujarnya. 


Setelah peserta memasuki ruangan pada 30 menit pertama terdapat penjelasan tatib, tutorial pengisian tes dan doa yang dipandu oleh panitia. 


"Peserta sebelumnya berada di luar ruangan sebelum diperbolehkan oleh panitia masuk ke dalam ruangan. Pada sesi pertama peserta masuk jam 9 pagi ke dalam ruangan dan 30 menit pertama panitia menjelaskan tata tertib oleh panitia, cara pengisian atau tutorial pengisian tes dan memandu doa sebelum mengikuti tes," katanya. 


Yesi menjelaskan bahwa pada satu hari tes terbagi ke dalam dua sesi, meski begitu masih terdapat beberapa orang yang tidak hadir sangat disayangkan. 


"Untuk test tertulis sesi 1 calon anggota Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kabupaten Sambas terbagi menjadi 2 kelas (kelas A dan B ) setiap kelas terdiri dari 35 orang. Untuk sesi 1 di mulai pukul 09.00-11.00, peserta yg tidak hadir berjumlah 8 orang (kelas A tidak hadir 5 orang, dan kelas B tidak hadir 3 orang ), sehingga jumlah peserta yang hadir berjumlah 62 orang," jelasnya. 


Untuk panitia penyelenggara semua berasal dari staf dibantu oleh teknisi komputer pihak sekolah. 


"Panitia penyelenggara berasal dari staf Bawaslu Kabupaten Sambas namun dibantu oleh teknisi komputer dari pihak sekolah, jika ada kendala yang terjadi pada komputer jadi teknisi dari pihak sekolah yang menangangi langsung," imbuhnya. 


Dengan tersedianya komputer yang cukup, tes CAT Bawaslu Kabupaten Sambas digelar selama dua hari, meski di juknis dijadwalkan selama tiga hari. 


"Tes tertulis CAT berlangsung dari tanggal 14 sampai besok 15 Oktober 2022, meski di juknis diberikan waktu 3 hari (14-16 Oktober 2022) namun untuk Kabupaten Sambas karena memang ketersediaan komputer itu lumayan banyak 70 buah, bisa membuat 2 hari pelaksanaan dengan setiap 1 hari terdapat 2 sesi, jadi tidak terlalu mepet," terangnya. 


Bukti bahwa Bawaslu memang melibatkan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dari kuota calon pendaftar di kecamatan, dan jika tidak terpenuhi sebanyak 30 persen, maka pendaftaran untuk perempuan diperpanjang hingga seminggu kemudian. 


"Keterlibatan perempuan dari segi jumlah pelamar itu menurun dibandingkan dengan Pilkada 2020 yang lalu, namun memang upaya dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten memang menginginkan afirmasi keterwakilan perempuan 30 persen itu sangat kita dorong. Hal itu terbukti dengan jika keterlibatan perempuan tidak memenuhi kuota 30 persen dengan total pendaftar itu diperpanjang selama 7 hari kedepan," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini