Wakil Ketua DPRD Sambas Ferdinan Syolihin Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMKN 1 Tebas

Editor: Admin author photo

Ket: Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin, SE., melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 1 Tebas, Desa Tebas Sungai, Kecamatan Tebas, Selasa (27/9/2022).


Kabarsambas.com - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin, SE., melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 1 Tebas, Desa Tebas Sungai, Kecamatan Tebas, Selasa (27/9/2022).


Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Tebas yang akan segera melaksanakan Ujian Nasional dengan jumlah total 212 orang.


Sebagai pembuka acara, seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pihak panitia menampilkan dua jenis tarian yang dibawakan langsung oleh siswa SMK Negeri 1 Tebas.


Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin, SE., mengatakan bahwa sosialisasi tersebut perlu dilakukan untuk menanamkan sejak dini kepada siswa/siswi terkait 4 Pilar Kebangsaan yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.


“Kami hadir hari ini untuk memberikan informasi kepada anak-anak kita bagaimana mereka menerapkan 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.


Dia juga mengapresiasi semangat siswa/siswi SMKN 1 Tebas yang mengikuti kegiatan tersebut, pada sesi tanya jawab mereka yang begitu aktif melemparkan pertanyaan terkait 4 Pilar Kebangsaan, bahkan Ferdinan menemui satu pertanyaan luar biasa khususnya terkait pancasila.


“Terimakasih ini pertanyaan yang luar biasa, ini pertanyaan dari siswa SMK sudah seperti anak dari Perguruan Tinggi. Animo mereka hari ini juga sangat luar biasa, rasa ingin tahu mereka sangat tinggi mereka bicara tentang seperti apa perwujudan pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ferdinan Syolihin.


“Mereka berbicara kenapa harus ada NKRI kenapa harus ada bhineka tunggal ika dan tentu harus kita sampaikan kepada mereka tentang 4 pilar berbangsa dan bernegara ini menjadi kebutuhan pokok kita,” tambahnya.


Selaku Legislator Partai PDI Perjuangan, Ferdinan Syolihin menyebut penyampaian 4 Pilar Kebangsaan merupakan tanggung jawabnya, sehingga diharapkannya pelaksanaan sosialisasi tersebut tidak hanya satu kali di satu tempat, namun bisa dilaksanakan secara merata untuk tingkat pendidikan dan organisasi masyarakat.


“Sebagai kader PDI-P kami merasa wajib dan perlu untuk memberikan informasi seperti itu kepada calon-calon penerus bangsa dan negara ini khususnya untuk di Kabupaten Sambas, tidak hanya di SMK tapi juga untuk beberapa Ormas dan anak-anak SMA,” sebutnya.


Kepala Sekolah SMKN 1 Tebas, Dra. Indah Astuti, M.Pd., bersyukur atas kehadiran anggota DPRD Kabupaten Sambas Dapil 2 yang telah bersedia mengisi materi pada acara SMKN 1 Tebas Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.


“Alhamdulillah Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Sambas telah bersedia hadir disela-sela kesibukannya, kami sangat senang sekali,” ucapnya.


Dirinya berharap pesan-pesan dari Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas bisa menjadi arahan dan motivasi bagi siswa/siswi kedepannya dan bisa terus berkomunikasi agar dapat bersilaturahmi dimasa mendatang.


“Dengan sosialisasi 4 pilar ini dan langsung disampaikan oleh orang yang berpengalaman diharapkan nanti setelah tamat khususnya dikelas XII dapat bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik. Mudah-mudahan acaranya tidak sampai disini, semoga dilain waktu kita bisa bertemu lagi, jangan sampai lupa dengan kami warga SMK N 1 Tebas,” harap Indah Astuti.


Ferdinan Syolihin juga memberikan hadiah kuota internet dalam bentuk voucher untuk siswa yang berani dan percaya diri bertanya kepadanya serta menjawab pertanyaan darinya, dengan tujuan membiasakan siswa berbicara didepan orang banyak, serta mengaktifkan diskusi dalam kegiatan tersebut.


Waka Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia, Rosdiansyah mengaku senang atas kedatangan Ferdinan Syolihin, SE., ke SMKN 1 Tebas, hal tersebut tentu dirasakan juga oleh guru-guru lainnya dan meningkatkan rasa semangat siswa untuk mendalami 4 Pilar Kebangsaan.


“Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Ferdinan Syolihin yang sudah mau hadir di SMKN 1 Tebas dan menyampaikan terkait 4 Pilar Kebangsaan, itu sangat perlu sekali untuk siswa-siswi karena merupakan pondasi utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” sampainya.


Guru Pkn SMKN 1 Tebas, Abdul Hadi selaku orang yang menggagas kegiatan 4 Pilar Kebangsaan mengatakan bahwa berdasarkan pantauan guru-guru, siswa/siswinya terlalu asik berfokus pada smartphone, sehingga kebanyakan lupa akan kewajiban dan hakikatnya.


“Melihat generasi sekarang sibuk dengan gadged/game perlu dari kami selaku guru harus memberikan sosialisasi 4 Pilar berbangsa dan bernegara,” katanya.


Agar kegiatan lebih aktif dan tetap sasaran, Dia berinisiatif untuk mengundang Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Sambas untuk memberikan materi sehingga pada pelaksanaan siswa/siswi bangga dan kegiatan tersebut bejalan lancar hingga akhir.


“Kebetulan sekali Bapak Ferdinan Syolihin lebih paham tentang pancasila, kita undang untuk datang menjadi narasumber dalam acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMKN 1 Tebas yang kita gelar pada hari ini,” jelas Abdul Hadi.


Abdul Hadi berharap Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Sambas dapat memberikan feedback yang lebih terhadap SMKN 1 Tebas agar siswa-siswi bisa lebih termotivasi akan kedatangannya.


“Saya berharap ketika acara ini selesai, lalu berhenti sampai disini jangan sampai terjadi, tentu harus ada tindaklanjutnya bagaimana dari kegiatan ini, agar siswa-siswi yang lulus siap untuk menerapkan 4 Pilar Kebangsaan,” pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini