-->

Tercatat 32 Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Ilustrasi HIV/AIDS 

Kabarsambas.com -Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Yusuf mengungkapkan tercatat 32 kasus HIV/ AIDS sepanjang bulan Januari hingga Juni 2022


"Berdasarkan data penemuan ODHIV per Puskesmas di setiap kecamatan dari Januari hingga Juni 2022 di Kabupaten Sambas tercatat 32 total kasus," ucap Yusuf, Kamis (8/9/2022).


Yusuf menjelaskan, dari total 28 Puskesmas yang tersebar di Sambas, Puskesmas Tebas dan Puskesmas Sambas menemukan paling banyak kasus dengan total masing-masing empat kasus.


"Pukesmas tebas dan Pukesmas Sambas masing-masing empat kasus, diikuti oleh Puskesmas Sajad, Sekura, Pimpinan, yang masing-masing tercatat tiga kasus selama periode tersebut," katanya.


Dia memaparkan, jika lebih rinci berdasarkan kategori kelompok umur, dari total 32 kasus itu paling banyak adalah kelompok umur 25-34 tahun dengan 12 kasus.


"Berdasarkan jenis kelamin laki-laki sebanyak 25 kasus dan perempuan sebanyak tujuh kasus, dalam periode yang sama dari 32 itu, dua diantaranya sudah meninggal dunia," paparnya.


Dia menuturkan, cara menghindari penularan HIV AIDS yakni setia dengan pasangan, menggunakan kondom, tidak menggunakan jarum suntik bergantian (narkoba).


"Dampak dari HIV AIDS ini dapat menurunkan umur harapan hidup, beban ekonomi bertambah, dan meningkatnya angka kematian, pencegahan dapat dilakukan dengan cara setia pada pasangan dan gunakan alat keamanan yang disediakan," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini