-->

Sukseskan Prosesar, Pukesmas Tebas Perlu Penambahan Dokter

Editor: Admin author photo

Ket: Ferdinan Syolihin 

Kabarsambas.com - Pemerintah daerah kabupaten sambas khusunya Dinas kesehatan diharapkan untuk menambah dokter di pukesmas tebas. Hal ini agar program sehat satono – Rofi (Prosesar) berjalan dengan lancar.


Wakil ketua DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihin mengatakan bahwa pukesmas tebas kewalahan dalam menangani pasien. Pasalnya hanya satu orang doker yang bertugas di pukesmas tebas tersebut, sementara jumlah penduduk di kecamatan tebas merupakan yang terbanyak setelah kecamatan teluk keramat.


“Saya melihat dan merasakan langsung bahwa pukesmas kecamatan tebas dirasa perlu untuk ditambah jumlah dokter yang bertugas, saat ini pukesmas tebas hanya mempunyai satu orang dokter. Tentu saya rasa ini masih sangat kurang mengingat kepadatan jumlah penduduk di kecamatan tebas,” Katanya.


Kemudian disampaikan politisi PDIP ini secara geografis wilayah kecamatan tebas merupakan berada ditengah- tengah dua RSUD yakni RSUD Sambas dan RSUD Pemangkat, sehingga jarak yang ditempuh untuk kedua rumah sakit tersebut dirasakan sama-sama jauh. 


”Ya, secara letak kecamatan tebas ini berada di tengah antara kecamatan sambas dan pemangkat tempat dua rumah sakit di kabupaten sambas, sehingga maka perlu untuk penguatan di sektor pukesmas tebas terutama jumlah dokter yang perlu ditambah,” Ujarnya.  


“Jika kecamatan sebawi mungkin bisa langsung ke RSUD Sambas atau kecamatan semparuk bisa ke RSUD Pemangkat karena jaraknya lebih dekat, untuk kecamatan tebas dirasa jaraknya sama-sama jauh untuk menempuh jarak kedua RSUD tersebut, apalagi daerah - daerah yang agak pedalaman di kecamatan tebas,” Jelasnya. 


Selain itu disampaikan pria yang akrap disapa Long Dinan ini merasa apabila ada penambahan jumlah dokter dipukesmas tebas. Maka lebih mudah untuk mensukseskan program sehat satono – Rofi (Prosesar). 


”Tentu keberhasilam program sehat satono – Rofi dapat berjalan lancar meski memenuhi beberapa persyaratan selain dari penganggaran namun ketersedian tenaga Kesehatan juga menjadi faktor penting terutama dokter yang bertugas di pukesmas diwilayah yang memiliki jumlah penduduk mesti lebih banyak,” Pungkasnya. (Sai)


Share:
Komentar

Berita Terkini