-->


Sukses Bertani Lengkeng, Niad Raup Rp 275 Juta Sekali Panen

Editor: Admin author photo

Ket: Niad (32) Petani Milenial Gegertani.

Kabarsambas.com - Niad (32) petani Milenial Gegertani Desa Mentibar Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas sukses raup keuntungan Rp 275 juta dari hasil kebun tanaman lengkeng.


Niad yang akrab disapa Oga ini juga merupakan anggota Jaringan Pertanian Nasional (JPN) memutuskan untuk menjadi petani lengkeng dari hasilnya selama menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan membeli lahan di daerah Desa Tanah Hitam Kecamatan Paloh.



"Saya awalnya adalah pekerja migran Indonesia atau TKI dan yang sekrang disebut PMI, dari hasil bekerja di Malaysia hasilnya saya tabung dan membeli lahan di tanah hitam Kecamatan Paloh, lahan tersebut juga saat ini saya tanami lengkeng dan sawit," katanya. Selasa (13/9/2022).


Niad mengungkapkan untuk lengkeng saat ini sudah memasuki usia tujuh-delapan tahun dan ini tahun ke dua lengkeng tersebut bisa menghasilkan buah.


"Untuk lengkeng yang saya tanam saat ini memasuki tahun ke dua yang sudah melakukan pembuahan, jumlah pohon lengkeng yang saya tanam mencapai 50 batang, perbatangnya itu bisa menghasilkan buah sebanyak 100 kg jika di kalikan 50 bantang maka bisa dapat 5 ton per panen," ujarnya.


Dia menjelaskan untuk harga perkilogram lengkeng tersebut diperkirakan antara Rp 55 ribu hingga 65 ribu rupiah.


"Harga jualnya agen membeli di lokasi sekitar Rp 55 ribu -65 Ribu, jika di hitung untuk tanaman buah lengkeng 50 batang itu bisa mencapai 5 ton per panennya jika di kalikan harga 55.000 maka bisa mendapatkan hasil 275 juta per panen," jelasnya.


Niad juga berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas untuk tetap memberikan motivasinya kepada pemuda tani Kabupaten Sambas dan rangkul kami untuk bersinergi.


"Kami berharap kepada Pemda Kabupaten Sambas untuk merangkul dan memperhatikan kami pemuda tani, agar terciptanya satu desa produk unggulan, seperti visi misi Bupati Sambas one village one product," harapnya 


"Jika bisa fokus dalam satu jenis saja sektor pertanian hal yang kita kelola insyaallah hasilnya juga bisa maksimal," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini